2 Mahasiswa FKM Unej Raih Nilai Terbaik pada Uji Kompetensi

Berita Kegiatan Prestasi Mahasiswa

 

 

 

Pada 14 Desember 2017 lalu Asosiasi Institusi pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat (AIPTKMI) mengadakan kegiatan sosialiasi hasil uji kompetensi bagi lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI). UKSKMI sendiri telah terselenggara pada 7 oktober 2017 dengan diikuti 5.275 peserta yang berasal dari 104 institusi kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada acara sosialisasi hasil Uji Kompetensi tersebut, FKM Universitas Jember mendapat penghargaan sebagai peraih nilai terbaik di Regional Tengah II.Uniknya peraih nilai terbaik ini didapat oleh “Juara Kembar” karena diperoleh oleh dua peserta, dan keduanya sama – sama berasal dari FKM Universitas Jember, atas nama : Yanuar Ratna Tika Sari dan Aldiar Annisa Putri. Selain mendapat  2 penghargaan sebagai peraih nilai terbaik di tingkat regional, FKM Universitas Jember juga mendapat catatan positif lain, yakni nilai rata-rata yang diraih oleh peserta dari FKM Universitas Jember berada di atas nilai rata-rata nasional.

 

Uji kompetensi sendiri diadakan dalam rangka memberikan pengakuan atas kompetensi lulusan sarjana kesehatan masyarakat sebagai Ahli Kesehatan Masyarakat Level 6 sesuai KKNI. Pengakuan kompetensi yang didasarkan pada penguasaan lulusan terhadap kompetensi lulusan dan kompetensi kerja sehingga dapat menjamin kualitas pelayanan penyelenggaraan kesehatan atau keselamatan pasien atau kepuasan klien. Kegiatan Uji Kompetensi ini merupakan kesepakatan dari Asosiasi Institusi pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat (AIPTKMI) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) untuk mengimplementasikan sistem penjaminan mutu eksternal pada seluruh institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat (PT Kesmas) yang diselenggarakan secara nasional sesuai standar LPUK Tenaga Kesehatan. Pengorganisasian kegiatan UKSKMI dilaksanakan oleh Komite Nasional untuk uji kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) yang berada di kampus FKM Universitas Indonesia, Depok.

Dekan FKM Universitas Jember sangat bangga dan mengapresiasi hasil Uji Kompetensi yang diraih oleh mahasiswa dan alumni FKM Universitas Jember karena prestasi sebagai peraih nilai tertinggi di regional tengah II didapat dengan mengalahkan institusi Kesehatan Masyarakat lain yang lebih mapan dan berdiri jauh sebelum FKM Universitas Jember. Lebih lanjut dekan berharap pada mahasiswa di  generasi yang lebih muda untuk mempertahankan prestasi ini secara konsisten.