Author Archives: dimas

Sosialisasi EBSCOhost untuk Meningkatkan Kualitas & Kuantitas Penelitian Ilmiah

Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut semua pihak baik dari kalangan akademisi maupun praktisi untuk tidak “ketinggalan berita” hingga ke tingkat internasional. Bagi kalangan akademisi yang berada pada ruang lingkup penelitian, perkembangan terkait penelitian-penelitian terbaru yang sesuai dengan keilmuannya sangat penting untuk terus diikuti. Jika tidak demikian, maka dapat berdampak banyak bagi penelitian yang akan dilakukan, seperti metodologi yang digunakan sudah tidak diakui lagi, referensi yang sudah tidak valid, penelitian yang sama sudah pernah dilakukan, dll. Oleh karena itu Universitas Jember memutuskan untuk berlangganan beberapa sistem referensi dan informasi ilmiah populer yang salah satunya ialah EBSCOhost. Dengan adanya akses ini, diharapkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen di lingkungan Unej dapat meningkat. Dalam upaya untuk menyebarluaskan informasi ini Universitas Jember menugaskan UPT Perpustakaan untuk mensosialisasikannya kepada dosen-dosen di lingkungan Universitas Jember dengan harapan sistem referensi dan informasi ilmiah yang telah dilanggan ini dapat digunakan secara optimal.

Continue reading Published by:

Perkenalkan FKM kepada Siswa-siswi SMAN 1 Sukodadi Lamongan

Pendaftaran SNMPTN 2019 telah di buka. Para siswa-siswi SMA sederajat mulai disibukkan dengan registrasi online pada laman resmi SNMPTN 2019 yaitu https://web.snmptn.ac.id. Setiap peserta SNMPTN 2019 hanya dapat menentukan maksimal 2 pilihan program studi. Oleh karena itu setiap peserta disarankan untuk telah mengetahui dengan baik program studi mana yang akan menjadi pilihannnya, sebab jika tidak demikian maka akan dapat berakibat pada saat perkuliahan nanti. Tak sedikit mahasiswa baru putus kuliah dan melakukan pendaftaran lagi pada tahun selanjutnya yang disebabkan oleh ketidakcocokkan terhadap program studi pilihannya.

Continue reading Published by:

Monitoring dan Evaluasi Kelompok Riset (KeRis) FKM UNEJ

Penelitian merupakan amanah yang diberikan kepada tenaga pendidik oleh perguruan tinggi. Sebagai salah satu perguruan tinggi, Universitas Jember terus memberikan dukungan dan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di lingkungannya untuk mengembangkan penelitian sesuai dengan keilmuan masing-masing. Untuk itu, setiap tenaga pendidik diarahkan untuk membentuk suatu kelompok riset (KeRis) yang terdiri dari beberapa tenaga pendidik baik dari dalam fakultas (satu rumpun ilmu) maupun lintas fakultas. Tentu saja tidak hanya berupa arahan, Universitas Jember juga telah menyiapkan dana sebesar 10 Milyar yang dapat digunakan oleh kelompok-kelompok riset tersebut. Informasi ini disampaikan oleh Prof. Achmad Subagio, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) saat ditemui di ruang kerjanya (5/2/2018).

Published by:

Mengenalkan Mahasiswa Kepada Dunia Industri dengan Magang

Magang/ Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu kurikulum program pendidikan di FKM UNEJ. Kegiatan magang bagi mahasiswa dimaksudkan untuk memberi bekal tambahan keterampilan bekerja sebelum mahasiswa dilepas untuk bekerja sendiri. Pelaksanaannya dilakukan saat liburan antara semester ganjil ke semester genap yaitu pada bulan januari yang berakhir pada bulan februari sebelum perkuliahan reguler dimulai. Secara umum magang mempunyai tujuan untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman yang komprehensif sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman di dunia kerja. Selain itu kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam hal-hal yang berhubungan dengan keterampilan soft skill mereka seperti kerjasama, komitmen, komunikasi, hingga berinteraksi dengan kelompok masyarakat dunia kerja dan industri.

Continue reading Published by:
%d bloggers like this: