FKM Universitas Jember » Blog Archives

Author Archives: gigih

Selamat Datang Maba Angkatan 2018

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

 

Rektor Universitas Jember melantik 7.240 mahasiswa baru angkatan 2018 dalam sebuah upacara di stadion Universitas Jember (13/8). Dalam pidato pelantikannya, Moh. Hasan, Rektor, berharap segenap mahasiswa baru Universitas Jember menjadi agen perubahan (agent of change) dalam berbagai bidang kehidupan. Pasalnya selama ini sejarah perjalanan bangsa Indonesia selalu diwarnai oleh sepak terjang mahasiswa, tidak heran jika masyarakat memberikan posisi istimewa kepada mahasiswa. Mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2018 yang dilantik terdiri dari 6.776 mahasiswa baru jenjang sarjana, dan 464 mahasiswa baru jenjang diploma. Upacara pelantikan juga dihadiri oleh seluruh dekan dan unsur pimpinan di kampus Tegalboto.

Selepas melaksanakan upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Jember (PKKMB UNEJ), segenap mahasiswa bergerak menuju fakultas masing-masing. Termasuk diantaranya 163 mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pada Tahun Akademik 2018/2019 ini, FKM Universitas Jember menerima 197 mahasiswa baru yang berasal dari tiga jalur penerimaan, yakni : SNMPTN, SBMPTN dan SBMPTBR. 197 mahasiswa baru ini terbagi atas 163 mahasiswa prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang melaksanakan perkuliahan di kampus Jember dan 34 mahasiswa Prodi Gizi yang melaksanakan perkuliahan di kampus Bondowoso.

Continue reading

Published by:

Dies Natalis XVI, FKM Unej Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0

Pada 2 Agustus 2002  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI menerbitkan surat Nomor : 1592/D/T/2002 yang mengijinkan Universitas Jember untuk mendirikan Program Studi Kesehatan Masyarakat jenjang Program Sarjana (S-1). Momen inilah yang kemudian menjadi tonggak berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Memperingati hal tersebut, sivitas FKM Universitas Jember menyelenggarakan serangkaian kegiatan sepanjang Juli-Oktober 2018 sebagai bagian Dies Natalis XVI.

Kegiatan utama dalam rangkaian Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember dilaksanakan dalam bentuk Sidang Terbuka Senat dan Dies Reader yang dilaksanakan pada 2 Agustus 2018. Tampil sebagai Dies Reader : Dr Candra Bumi, dr., M.Si. Dosen Bagian Epidemiologi dan Biostatiska Kependudukan ini membawakan topik dengan tajuk “Combined Stem Cell-Molecular Epidemiology Approach to Preventive in Regenerative Medicine”. Adapun tema besar Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember adalah “FKM UNEJ MENYONGSONG INDONESIA SEHAT DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” Continue reading

Published by:

Bagas, from Jember to Bangkok

Belajarlah Sampai ke Negeri Cina, Demikian Hadits Nabi menyebutkan. Artinya keluarlah dari zona nyamanmu, dari negaramu untuk berkelana di negeri orang, lalu mengambil pelajaran berharga serta pengalaman sebanyak-banyaknya.

Ialah Bagas Abdillah, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember angkatan 2016. Ia mengikuti “International Conference on Public Health 2018” (ICOPH 2018). Konferensi Internasional tentang Kesehatan Masyarakat yang diadakan di Bangkok, Thailand. Acara di negeri gajah putih tersebut berlangsung 3 hari, pada tanggal 19 – 21 Juli 2018. Diselenggarakan oleh TIIKM (The International Institute of Knowledge Management) dari Sri Langka, ICOPH 2018 dihadiri lebih dari 100 presentator dari sekitar 25 negara dari 5 benua. Para presentator dibagi atas tema-tema yang telah ditentukan, setiap tema menempati tempat dan hari yang berbeda sehingga acara tersebut dapat berjalan 3 hari.

Continue reading

Published by:

Dekan Melepas Cak Gareng “Ngonthel” Keliling Indonesia

Pada hari jum’at, 3 Agustus 2018 pukul 08.15 WIB, Dekan melepas “Cak Gareng” alias Wijayanto berangkat menuju Denpasar dengan mengayuh sepeda Angin. Pria 36 tahun ini divonis sebagai ODHA pada tahun 2011. Cak Gareng-sapaan akrab Wijianto, mengaku semenjak divonis ODHA, banyak orang mulai menghindar darinya. Semenjak itulah dia berkelana. “Saya pun memutuskan untuk berjalan kaki keliling indonesia mensosialisasikan ODHA agar tidak didiskriminasi,” ucapnya. Aksi jalan kaki itu dilakukan dengan melewati 115 kota di seluruh Indonesia selama 2 tahun 3 hari. Agenda jalan kaki keliling Indonesia itu dilaksanakan pada 7 November 2015 dari Jakarta dan sudah tuntas pada tanggal 10 November 2017.

Selepas aksi jalan kakinya, Cak Gareng kembali mengkampanyekan“anti Diskriminasi bagi ODHA”melalui aksi bersepeda keliling Indonesia. Aksi yang direncanakan melewati 34 propinsi ini dimulai dari Mojokerto pada 25 Juli 2018 dan direncanakan berakhir pada 25 Juli 2020. Pada kunjungnya ke Jember, Cak Gareng menyempatkan diri mampir ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember untuk menghadiri Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember.

Continue reading

Published by:
%d bloggers like this: