OPEN TALK : Saluran Aspirasi untuk FKM yang Lebik Baik

Berita Kegiatan Kemahasiswaan
open talk fkm unej

Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) merupakan organisasi kemahasiswaan (ormawa) di lingkungan FKM Universitas Jember yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai badan legislatif mahasiswa. Guna menjalankan fungsinya tersebut, BPM memiliki agenda tahunan berupa kegiatan “Open Talk” yang merupakan sarana menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa pada pimpinan fakultas. Pada tahun ini open talk mengangkat tema “Speak up, Show up, and Seek the Solution for Better Changes”.

Menurut Ika Rachmawati, Ketua Panitia Open Talk, kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian yang diawali dengan agenda Pekan Aspirasi Mahasiswa yang dilaksanakan pada tanggal 27-31 Maret 2017 di lobby FKM Universitas Jember. Pada kegiatan tersebut, BPM menyerap berbagai keluhan, saran, kritik hingga apresiasi positif mahasiswa terhadap kondisi FKM Universitas Jember secara keseluruhan, baik dari sisi pelaksanaan kegiatan akademis, sarana prasarana, hingga kegiatan kemahasiswaan. Guna mendapatkan hasil yang lebih kompleks, BPM juga menyebarkan questioner pada mahasiswa dan dosen sehingga dapat memberi gambaran utuh terhadap kondisi terkini FKM Universitas Jember.

Hasil serap aspirasi mahasiswa dalam Pekan Aspirasi Mahasiswa tersebut selanjutnya dipresentasikan pada pelaksanaan open talk 23 Mei 2017. Pada acara ini BPM mengundang Dekan, Wakil Dekan, lima Ketua Bagian Peminatan, Kabag Tata Usaha dan tiga Kasubbag, perwakilan 10 ormawa di lingkungan FKM Universitas Jember serta perwakilan mahasiswa dari angkatan 2013 hingga 2016. Pada acara yang ditata mirip “Indonesia Lawyer Club” ini  menyajikan hasil serap aspirasi mahasiswa yang telah dilakukan oleh BPM. Para peserta juga dipersilakan melakukan diskusi dengan pimpinan fakultas berkaitan hasil serap aspirasi ataupun usulan lain  sehingga dapat diketahui kebutuhan sivitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat serta membangun kesepahaman antara pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

%d bloggers like this: