Tasyakur atas Prestasi pada Dies Natalis XV FKM Unej

Berita Kegiatan
dies natalis

Memasuki usianya yang ke-15, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rentang waktu bulan agustus hingga oktober 2017. Kegiatan awal peringatan Dies Natalis Ke- 15 FKM Universitas Jember dimulai dengan Rapat Terbuka Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang digelar pada tanggal 2 Agustus 2017 yang sekaligus juga diisi dengan Dies Reader oleh Dr. Isa Ma’rufi, S. KM., M.Kes. Momen ini dipilih mengingat pada tanggal 2 Agustus 2002 terbit surat ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI Nomor : 1592 / D/ T / 2002 tanggal 2 Agustus 2002 yang mengijinkan Universitas Jember untuk mendirikan Program Studi Kesehatan Masyarakat jenjang Program Sarjana (S-1). Ini merupakan tonggak berdirinya FKM Universitas Jember.

Dekan FKM Universitas Jember, Irma Prasetyowati, dalam sambutannya dalam kegiatan tersebut menggambarkan perjalanan FKM Universitas Jember dalam kurun 15 tahun ini. Beliau menyampaikan sejumlah pencapaian yang telah diraih oleh FKM Universitas Jember, diantaranya PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jember telah melalui tiga kali proses akreditasi dan dalam dua akreditasi terakhir (tahun 2009 dan 2014), PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jember memperoleh akreditasi “B” (Baik). Selanjutnya FKM akan terus berbenah dalam segala aspek, salah satunya pengembangan kemampuan tenaga pendidik. Saat ini FKM Universitas Jember memiliki 6 tenaga dosen S3 dan 7 orang lagi sedang menempuh studi S3. Pengembangan akan terus dilakukan, termasuk memproses berdirinya Program Studi S1 Gizi dan D3 Hyperkes.

Guna membantu perkembangan FKM Universitas Jember, pimpinan FKM menggandeng sejumlah pihak.  Pada tahun 2017 ini, setidaknya 10 Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah instansi telah ditandatangani dengan sejumlah mitra di wilayah Jawa Timur. Sementara di level Internasional, FKM Universitas Jember dan fakultas kesehatan di lingkungan Universitas Jember telah menjalin kerjasama dengan Universitas San Carlos dan  Faculty of Medicine Universiti Sains Islam Malaysia dalam rangka penyelenggaraan Collaborative Agreement International Conference on Medicine and Health Sciences (ICMHS). Selain itu FKM juga menjalin kerjasama dengan Griffith University, dan saat ini FKM Universitas Jember sedang memproses untuk bergabung dalam Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH).

Di sisi lain Dekan menyambut gembira sejumlah prestasi yang berhasil oleh para mahasiswa. Prestasi yang paling mutakhir yang diraih oleh mahasiswa adalah keberhasilan Ahmad Ilham Nur Rahman (angkatan 2016), melakukan oral presentation pada International Conference on Public Health, di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27-29 Juli 2017. Selain itu satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa yang digawangi oleh Ketua BEM FKM Universitas Jember, Rizki Akbarul Kurnia, berhasil lolos ke PIMNAS ke-30 yang akan digelar di Makasar pada 23-28 Agustus 2017. Selanjutnya Dwi Hatma Paramitha dari angkatan 2016 terpilih sebagai Volunteer Change dalam program AISEC yang akan dilaksanakan di Jaipur, India, pada 10 Agustus – 24 September 2017.

Sejumlah pencapaian di atas disyukuri oleh segenap sivitas akademika FKM Universitas Jember dengan menggelar potong tumpeng sekaligus Dies Reader dengan mengundang segenap pimpinan, dosen, karyawan, perwakilan mahasiswa, instansi mitra dan para pendiri FKM Universitas Jember. Hal ini karena keberhasilan yang diraih adalah berkat ridlo Allah swt dan kerjasama para pihak yang tersebut di atas.

 

 

 

%d bloggers like this: