Dies Reader dalam Rangkaian Dies Natalis XV FKM Unej

Berita Kegiatan
dies natalis

Menyambut Dies Natalis Ke – 15 FKM Universitas Jember, digelar Rapat Terbuka Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017 dengan diisi orasi ilmiah atau Dies Reader yang disampaikan oleh Dr. Isa Ma’rufi, S. KM., M.Kes.

Dr. Isa Ma’rufi yang merupakan Kepala Bagian Kesehatan Lingkungan dan K3 FKM Universitas Jember menyampaikan makalah denga judul “PEMETAAN DAN ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN BIOTADALAM UPAYA MENDUKUNG VISI FAKULTAS BERWAWASAN LINGKUNGAN”. Judul ini diambil karena relevan dengan salah satu visi FKM Universitas Jember, khususnya visi kedua yang berbunyi “Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan masyarakat yang berbasis lingkungan dan agro community”. Visi ini merupakan visi turunan dari visi Universitas Jember : “Menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial”.

Pada paparannya, Dr Isa menyebutkan bahwa wawasan lingkungan sebuah kampus diukur dengan empat parameter, yakni : a) menyediakan berbagai fasilitas atau infra struktur untuk kegiatan akademik secara memadai dan efisien serta menjadi tempat yang sehat dan nyaman secara berkelanjutan; b) mengembalikan dan menjaga kelangsungan fungsi-fungsi ekologi rona lingkungan paling awal di daerah masing-masing (daerah tropika humida); c) mendayagunakan secara optimal dan berkelanjutan berbagai potensi sumberdaya lingkungan untuk menopang berbagai aktivitas akademik yang sehat, nyaman dan efisien (hemat energi); d) mengelola limbah dari setiap aktivitas secara benar; serta (e) menjamin kesehatan lingkungan secara optimal.

Lebih Pak Isa menyebutkan bahwa langkah ke arah kampus berwawasan lingkungan telah dirintis oleh FKM Universitas Jember dengan sejumlah langkah, namun untuk mencapai mimpi menuju kampus berwawasan lingkungan yang ideal dibutuhkan kerja keras semua pihak, termasuk diantaranya membangun budaya kerja yang sesuai dengan visi lingkungan. Makalah selengkapnya dapat dibaca pada link berikut :

PEMETAAN DAN ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN

Selain menggelar Dies Reader, FKM Universitas Jember mengagendakan sejumlah acara sebagai bagian peringatan Dies Natalisnya yang kelimabelas. Kegiatan-kegiatan tersebut terbentang mulai 2 Agustus hingga 29 Oktober 2017.

 

 

%d bloggers like this: