Ilham, Presenter Termuda dalam Internasional Conference di Malaysia

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

3rd Internasional Conference On Public Health (ICOPH 2017) diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juli 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan yang diselenggarakan panitia ICOPH 2017 merupakan bentuk pengabdian untuk memperbarui informasi yang relevan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. ICOPH 2017 menjembatani kesenjangan antara penelitian dan kebijakan serta menciptakan inovasi yang membantu permasalahan global serta membahas kebijakan dan intervensi kesehatan dalam kesehatan masyarakat. Kegiatan ini fokus untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup melalui pencegahan dan pengobatan penyakit dan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Program ICOPH 2017 dengan diketuai oleh Mr. Isanka P. Gamage terdiri dari sesi interaktif presentasi, presentasi keynote speaker dari keahlian di bidang terkait, studi kasus, dan kegiatan sosial termasuk acara budaya bersama dengan makan malam networking, dan pasca konferensi. Peserta terdiri dari para penelitian dari berbagai bidang, khususnya di bidang kesehatan, dari permasalahan penyakit berbahaya sampai kesehatan mental di era modern ini. Peserta sejumlah 225 yang lolos seleksi pengiriman Abstrak dan berkesempatan untuk Oral Presentation.  Sebagian besar peserta berasal dari Saudi Arabia, Jepang, Cina, Korea, Sri Lanka, Filipina, India, Pakistan, Iran, Turki, Nigeria, Afrika Selatan, Thailand, Hong Kong, Australia, Amerika dan Indonesia.

Hari pertama acara digelar pembukaan oleh pihak panitia dari TIIKM dan MAHSA Academy Of Aesthetic Medicine diwakili Prof. Dr. Rusli Bin Nordin dan memberikan materi masalah penyakit yang terjadi di negara Malaysia. Setelah itu penyampaian sambutan oleh Professor Dr. Hematram Yadav selaku Department Of Community Medicine MAHSA University dengan materi keselamatan kerja. Setelah itu dilanjutkan dengan oral presentation yang dibagi dengan beberapa ruangan sesuai dengan sub tema yang diberikan oleh panitia. Malam hari diadakan kegiatan Cultural Show and Dinner yang didalam kegiatan tersebut memperkenalkan budaya setiap negara oleh para peserta conference dilanjutkan dengan kegiatan makan malam sebagai simbol keakraban disetiap negara.

Pada hari ketiga tanggal 29 yang dimulai pukul 09.00 (waktu setempat) tetap diisi  dengan agenda Oral Presentation dari 51 peserta. Kegiatan tersebut berlangsung sampai pukul 11.44 (waktu setempat). Diantara peserta Oral Presentation yang merupakan peneliti, dosen serta tenaga ahli bidang kesehatan hingga mahasiswa. Kegiatan tersebut bertepatan dengan tema karya jurnal oleh setiap peserta yang mengusungnya. Peserta yang berasal dari indonesia, berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Lampung dan tidak ketinggalan dari Universitas Jember. Perwakilan yang mendapatkan undangan Oral Presentation dari Universitas Jember merupakan mahasiswa semester II tahun 2016 Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Ahmad Ilham Nur Rahmaan.

Ilham – demikian panggilan akrabnya – merupakan mahasiswa semester II dari Nganjuk salah satu seseorang pemakalah dari Indonesia mewakili Universitas Jember yang mendapatkan kesempatan melaksanakan presentasi di depan panitia serta peserta dari berbagai negara di dunia. Ilham merupakan peserta termuda yang mengikuti 3RD Internasional Conference On Public Health (ICOPH 2017) dengan membawakan makalah berjudul “The Empowering Elderly of Education Accompaniment to Reduce Disorder And Abundant Intellectual Depression”

Ilham sangat bersyukur dan berterimakasi atas segala bentuk dukungan dari instansi dalam penyusunan hingga pemberangkatan dan mendapatkan begitu banyak pengalaman yang luar biasa bisa menjadi perwakilan dari Universitas Jember khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat dalam Konferensi Internasional pada bidang kesehatan masyarakat dan dapat mewakili Indonesia dalam ranah Internasional.

%d bloggers like this: