Capacity Building dalam Rangka Penguatan Kuliah

Berita Kegiatan

FKM Universitas Jember bercita-cita menjadi lembaga pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berkualitas, profesional, berwawasan lingkungan dan berbasis agro community. Guna menciptakan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berkualitas dan profesional dibutuhkan tenaga pengajar yang mumpuni di bidangnya. Untuk itu FKM Universitas Jember menggelar serangkaian kegiatan Capacity Building bagi para tenaga pendidik di lingkungan FKM Universitas Jember untuk penguatan sejumlah mata kuliah.

Agenda dimulai pada 24 Mei 2017 yang lalu dengan menghadirkan Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, M. Sc.. Beliau adalah Ketua Departemen Epidemiologi FKM Universitas Indonesia. Dr. Miko dihadirkan untuk memberi pelatihan dalam rangka penguatan Mata Kuliah Surveilans Kesehatan Masyarakat. Berdasar kurikulum  berbasis KKNI, mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester VI dengan beban 3 sks.

Capacity Building berikutnya digelar pada tanggal 1 Agustus 2017, kali ini berkaitan penguatan mata kuliah “Kependudukan”. Meski mata kuliah ini disampaikan oleh dosen Bagian Epidemiologi dan Biostatistika Kependudukan, namun peserta pelatihan adalah segenap dosen di lingkungan FKM Universitas Jember. Pembicara pada kesempatan ini adalah Lutfi Agus Salim, S. KM., M. Si. dari Departemen Biostatiska dan Kependudukan FKM Universitas Airlangga yang juga merupakan sekretaris  Koalisi Kependudukan Jawa Timur.

Kegiatan berlanjut pada 11 Agustus 2017 untuk mata kuliah “Kesehatan Global”. Pemateri capacity building pada sesi ini adalah Renti Mahkota, S. KM., M. Epid. dari Departemen Epidemiologi FKM Universitas Indonesia. Mata kuliah ini dalam kurikulum FKM Universitas Jember disebut dengan mata kuliah “Kajian Strategis Kesehatan Masyarakat Global” yang diajarkan pada mahasiswa semester VII. Mata kuliah ini sendiri mencakup 4 pokok bahasan utama yang meliputi pokok bahasan utama (blok) yang meliputi Prinsip Dasar Kesehatan Global,Pengukuran dan Perkembangan Link Kesehatan; Kesehatan dan Masyarakat, Tema Pokok Kesehatan Global/Kesehatan & Masyarakat; Beban Penyakit; dan kerjasama global kesehatan.

Berikutnya adalah penguatan mata kuliah “Epidemiologi Lingkungan”. Mata kuliah ini biasa disampaikan pada mahasiswa peminatan “Kesehatan Lingkungan” dengan beban 2 sks.  Ini merupakan mata kuliah yang yang menganalisa dan mengukur efek-efek kesehatan dari faktor-faktor lingkungan dan menilai keefektifan strategi-strategi pengawasan. Pamateri kali ini adalah Dr. R. Budi Haryanto, SKM., M.Kes., M.Sc. dari Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI. Begitu pentingnya mata kuliah ini sehingga nampak salah satu dosen FKM Universitas Jember yang sedang tugas belajar S3 menyempatkan diri “pulang kampus” untuk mengikuti pelatihan penguatan mata kuliah ini.

Rangkaian agenda Capaity Building ditutup pada tanggal 25 Agustus 2017 dengan menggelar pelatihan “Public Speaking”. Pelatihan ini diharapkan menambah wawasan dan pengalaman tenaga pendidik di lingkungan FKM Universitas Jember dalam menyampaikan materi keilmuan yang dimilikinya. Kegiatan ini menghadirkan Bambang Riadi, S.KM., M.M.Kes., CT. NLP. dan Priyo Raharjo, S. KM. M. Psi.  sebagai instruktur. Beliau berdua merupakan staf UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Malang.

Rangkain kegiatan ini diharapkan memberi penguatan pada segenap tenaga kependidikan dalam peningkatan  kemampuan penyampaian keilmuannya pada mahasiswa yang pada gilirannya dapat melahirkan para Sarjana Kesehatan Masyarakat yang memenuhi kompetensi untuk memberikan layanan dan penyuluhan kesehatan pada masyarakat sesuai kapabilitasnya.

%d bloggers like this: