Semarak Dzulhijjah di Kampus Ungu

Berita Kegiatan Kemahasiswaan
idul adha fkm unej

Dzulhijjah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah swt sehingga di bulan ini terdapat beberapa ibadah khas yang hanya dapat dilaksanakan di bulan dzulhijjah, yakni ibadah haji dan qurban. Guna menyemarakkan bulan ke – 12 dalam kalender hijriah ini, sivitas akademika FKM Universitas Jember menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang dimotori oleh UKM Kerohanian Islam “Ash Shihah”.

Agenda pertama di mulai pada hari kamis 9 dzulhijjah 1438 H yang bertepatan dengan 31 Agustus 2017. UKMKI Ash Shihah menyelenggarakan buka puasa bersama bagi sivitas yang melaksanakan ibadah puasa sunah arafah. Kegiatan ini dilaksanakan di musholla “Ash Shihah” FKM Universitas Jember dengan diawali kultum menjelang berbuka yang membahas tentang ibadah qurban sebagai bentuk syukur atas banyak nikmat yang telah diberikan Allah swt sebagaimana yang tersebut dalam QS. Al Kautsar. Kegiatan buka puasa bersama Puasa Arafah ini sudah dilaksanakan sejak dua tahun terakhir yang diharapkan memotivasi segenap sivitas akademik untuk melaksanakan puasa sunah arafah yang memiliki fadhillah menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Acara kemudian dilanjutkan dengan sholat berjamaah, takbir dan persiapan pelaksanaan qurban keesokan harinya.

Keesokan hari bertepatan dengan 10 dzulhijjah, setelah sholat ied panitia qurban telah menyiapkan diri melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Menurut Ketua Panitia Qurban, Alan Subhan, pada tahun ini terdapat 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang dititipkan para pequrban melalui UKMKI Ash Shihah. Mahasiswa asli jember ini melanjutkan bahwa para pequrban merupakan para sivitas akademik di internal FKM Universitas Jember, yakni dari para dosen, karyawan, orang tua wali mahasiswa dan alumni. Sapi yang diqurbankan merupakan urunan 7 orang yang sebagian diantaranya adalah peserta program tabaqur atau tabungan qurban, sebuah program tabungan yang dikelola selama beberapa bulan yang lalu yang membantu para calon pequrban memiliki cukup dana untuk membeli hewan qurban saat hari Idul Adha.

Esok hari berikutnya, giliran mahasiswa baru FKM Universitas Jember yang menyemarakkan agenda dzulhijjah di kampus ungu dalam acara “Islamic Day”. Acara ini merupakan acara rutin yang digelar UKM Kerohanian Islam FKM Universitas Jember sebagai acara sambut maba. Menurut Ketua Panitia kegiatan, Mukhlis Dwi Tanto, acara ini diikuti oleh 184 mahasiswa baru FKM Universitas Jember tahun akademik 2017/2018 yang beragama Islam. Acara ini bertujuan membekali sisi ruhiyah mahasiswa sehingga mampu menjadi agen perubahan yang memilki akhlaq islami. Para peserta dibagi dalam 15 kelompok yang didampingi mahasiswa senior untuk  mengikuti rangkaian yang meliputi : lomba-lomba keislaman (cerdas cermat, tartil dan kaligrafi), games, sholat berjamaah (dhuha, dhuhur, ashar dan maghrib), motivation building, ceramah agama oleh Ust. Robith Arsyi dari PP Nuris serta diakhiri dengan khotmil qur’an. Pada sesi khotmil qur’an tiap kelompok membaca dua juz sehingga alqur’an 30 juz dapat dikhatamkan dalam waktu singkat.

 

%d bloggers like this: