Workshop Akreditasi dan Penulisan Jurnal

Berita Kegiatan
indeks jurnal

“Ikatlah ilmu dengan tulisan (catatan)”, demikian pesan seorang cendekiawan muslim. Hal ini menggambarkan pentingnya kemampuan literasi bagi seseorang untuk menguasai ilmu pengetahuan. Salah satu wujud literasi di dunia akademis adalah penerbitan Jurnal Ilmiah, maka guna meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal dalam rangka peningkatan jurnal Ikesma menjadi Jurnal Ilmiah Nasional yang terakreditasi, FKM Universitas Jember menyelenggarakan serangkaian kegiatan workshop pada 25-26 September 2017.

Pada hari pertama tanggal 25 September 2017 dilaksanakan Workshop Akreditasi Jurnal Nasional. Workshop ini diperuntukkan bagi para pengelola Jurnal “Ikesma” FKM Universitas Jember yang terdiri atas unsur pimpinan fakultas, reviewer, dan tim administrasi. Adapun pemateri workshop adalah Tim Editor Jurnal “Kemas” Universitas Negeri Semarang yang terdiri atas : Widya Hary Cahyati, S.KM, M.Kes. (index-i10 : 1), Muhammad Azinar, S.KM, M.Kes., (Scopus ID : 57194193079), dan Efa Nugroho, S.KM. (SCOPUS ID : 57192436111). Jurnal “Kemas” merupakan sebuah Jurnal Internasional peer – review yang menerbitkan makalah asli, ulasan dan laporan singkat tentang semua aspek sains, filsafat, dan praktik kesehatan masyarakat. Workshop ini dimanfaatkan oleh tim pengelola “Ikesma”  untuk share pengalaman dengan tim editor Jurnal “Kemas”  untuk mengelola sebuah Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi.

Selanjutnya pada hari kedua dilaksanakan Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional. Peserta pelatihan ini meliputi seluruh dosen FKM Universitas Jember dan  perwakilan dosen dari institusi kesehatan di wilayah Kabupaten Jember serta perwakilan mahasiswa FKM Universitas Jember dari tiap angkatan. Keterlibatan para tenaga pengajar dalam pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan penulisan artikel ilmiah sehingga memenuhi syarat artikel untuk Jurnal Nasional maupun Internasional, yang pada gilirannya dapat menjadi sumber penyedia artikel ilmiah berkualitas bagi Jurnal “Ikesma”. Sementara bagi mahasiswa, kesempatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis sehingga terbangun budaya akademik yang baik dan kondusif bagi penulisan karya tulis ilmiah, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) maupun untuk penulisan Tugas Akhir.

Workshop selama dua hari ini diharapkan dapat mendorong kegiatan penelitian dan penulisan ilmiah yang terpublikasi oleh dosen dan mahasiswa FKM Universitas Jember. Hal ini karena pencapaian tertinggi dalam sebuah karya ilmiah adalah ketika dipublikasikan, sebab dengan publikasi jurnal ilmiah akan memperkaya literasi keilmuan yang ada.

%d bloggers like this: