Berkah Ramadhan di Kampus Ungu

Berita Kegiatan

 

 

Ramadhan 1439 H telah memasuki sepertiga akhir, sementara suasana khusyu semakin terasa di FKM Universitas Jember. Berbagai kegiatan khas ramadhan nampak semakin sering diadakan oleh sivitas akademik. Salah satunya adalah agenda buka bersama yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Juni 2018 yang bertepatan dengan 21 Ramadhan 1439 H. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan, dosen, karyawan, perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa) serta para purna pegawai FKM Universitas Jember.

(Taushiah oleh KH. Hasan Bashri)

 

Para undangan hadir di cara buka bersama ini beserta anggota keluarga, maka tak ayal acara berlangsung akrab dan santai sebagaimana layaknya pertemuan keluarga. Hadir sebagai pemberi taushiah, KH. Hasan Bashri, pengasuh Pondok Pesantren Al Mubarak Patrang-Jember. Pada materi taushiahnya, KH. Hasan Basri membahas tentang kemuliaan alqur’an yang turun di bulan yang mulia (ramadhan), pada malam yang mulia (lailatul qadr) pada orang yang paling mulia (Rasulullah Muhammad saw). Untuk itu beliau mengajak peserta buka bersama FKM Universitas Jember untuk senantiasa memuliakan alqur’an dengan membiasakan diri membaca alqur’an setiap hari, walaupun hanya satu ayat !

(Peserta Buka Bersama)

Pada kesempatan tersebut, Dekan beserta KH. Hasan Bashri menyerahkan santunan pada sejumlah anak yatim yang ikut diundang buka bersama. Anak-anak ini merupakan putra-putri warga masyarakat di sekitar kampus Universitas Jember. Penyerahan santunan yang berasal dari donasi sivitas akademik FKM Universitas Jember diharapkan menambah keharmonisan hubungan antara kampus dan warga sekitar. Selain itu santunan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi penerima sekaligus menjadi wasilah atas datangnya rahmat bagi para donatur sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari).  Para ulama menjelaskan makna hadis ini bahwa barang siapa yang ingin bersama Rasulullah SAW di surga, santunilah anak yatim. Rasulullah SAW menjanjikan surga bagi mereka dan jarak dengan beliau dekat sekali seperti halnya jari telujuk dengan jari tengah.

(Sholat Maghrib berjamaah sehabis menikmati takjil)

 

(Welfie setelah ifthar dinner)

Aktivitas Ramadhan Mahasiswa

Selain kegiatan buka bersama yang dilaksanakan oleh Fakultas, sejumlah komunitas mahasiswa mengadakan acara-acara khas ramadhan berupa buka bersama anak yatim yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2016, buka bersama antara mahasiswa dan dosen yang dilaksanakan oleh mahasiswa peminatan Kesehatan Lingkungan dan K3 serta peminatan Epidemiologi, Biostatistika Kependudukan.

Tak ketinggalan aktivitas UKM Kerohanian Islam (UKMKI) Ash Shihah yang melaksanakan serangkaian kegiatan ramadhan berupa takjil bagi mahasiswa pada hari aktif kuliah (senin-Jumat), sholat tarawih dan tadarus selama bulan ramadhan dan buka bersama anak yatim yang dilaksanakan pada hari jumat, 1 Juni 2018. Kesemarakan kegiatan ramadhan di kampus Ungu FKM Universitas Jember ini diharapkan mendatangkan keberkahan dan keharmonisan hubungan segenap sivitas akademik, baik hubungan dengan Allah swt Tuhan Yang Maha Esa maupun dengan sesama manusia.

%d bloggers like this: