Gast aus Deutschland

Kegiatan Publikasi

Hari Jum’at, 13 Juli 2018, FKM Universitas Jember kedatangangan tamu istimewa. Mereka adalah tiga orang dosen asal Flensburg University of Applied Science, JermanFlensburg University adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di bagian paling utara Jerman. Mereka memiliki empat fakultas yang didukung oleh 228 staf pengajar, termasuk 85 orang professor. Pada rangkaian kunjungan empat belas hari di Universitas Jember, rombongan menyempatkan diri untuk menggelar Join Meeting dengan pimpinan dan perwakilan dosen FKM Universitas Jember.

Join Meeting dimulai dengan sebuah prolog oleh ibu Erwin Nur Rif’ah, MA., Ph. D., dosen bagian PKIP yang pernah menempuh studi di Australia dan Belanda ini didapuk sebagai pemandu acara. Dilanjutkan sedikit sambutan oleh Dekan. Pada sambutannya, Dekan FKM, Irma Prasetyowati, berharap pertemuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademik FKM Universitas Jember, mengingat Flensburg University memiliki banyak program pertukaran dalam kerangka Erasmus (European Region Action Scheme for the Mobility of University Students).

Pada join meeting tersebut, rombongan Flensburg University mempresentasikan sejumlah hal berkaitan institusi mereka. Mulai pemamparan sekilas tentang letak geografis Flensburg University di Jerman dan sejumlah program internasional yang ditawarkan. Khusus di FKM Universitas Jember, rombongan menjelaskan lebih spesifik tentang Program Master (Master of Arts / MA) bidang e Health. Program yang didesaian untuk empat semester ini di berada di bawah School of Business. Flensburg University juga mempresentasikan The Institute for eHealth and Management in Health Care. Sebuah institut yang berpengalaman selama 20 tahun dalam bidang Health Care System dan bekerjasama dengan sejumlah institusi di berbagai negara seperti  Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia dan  Amerika Serikat.

Pada kesempatan lain, sejumlah mahasiswa FKM Universitas Jember juga mengikuti sosialisasi dengan pihak Flensburgh University. Universitas ini membuka kesempatan pertukaran mahasiswa dalam program Erasmus. Mahasiswa yang berminat dapat mendaftarkan diri selambatnya 15 Desember untuk program di musim dingin dan 15 Juni untuk program pertukaran di musim panas.

Kehadiran delegasi Flensburgh University ini diharapakan dapat memberi ruang kerjasama Internasional lebih luas bagi FKM Universitas Jember, setelah sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan San Carlos University, Philipina dan Griffith University, Australia.

%d bloggers like this: