Dies Natalis XVI, FKM Unej Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0

Berita Kegiatan

Pada 2 Agustus 2002  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI menerbitkan surat Nomor : 1592/D/T/2002 yang mengijinkan Universitas Jember untuk mendirikan Program Studi Kesehatan Masyarakat jenjang Program Sarjana (S-1). Momen inilah yang kemudian menjadi tonggak berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Memperingati hal tersebut, sivitas FKM Universitas Jember menyelenggarakan serangkaian kegiatan sepanjang Juli-Oktober 2018 sebagai bagian Dies Natalis XVI.

Kegiatan utama dalam rangkaian Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember dilaksanakan dalam bentuk Sidang Terbuka Senat dan Dies Reader yang dilaksanakan pada 2 Agustus 2018. Tampil sebagai Dies Reader : Dr Candra Bumi, dr., M.Si. Dosen Bagian Epidemiologi dan Biostatiska Kependudukan ini membawakan topik dengan tajuk “Combined Stem Cell-Molecular Epidemiology Approach to Preventive in Regenerative Medicine”. Adapun tema besar Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember adalah “FKM UNEJ MENYONGSONG INDONESIA SEHAT DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”

Pada Dies Natalis XVI ini, Dekan menyampaikan bahwa “Pada usianya yang terhitung masih remaja ini, FKM Universitas Jember telah berkembang dengan baik dan dapat bersaing dengan institusi sejenis di lingkup Nasional”. Hal ini terlihat dari hasil Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat yang dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018, dimana para mahasiswa dan alumni FKM Universitas Jember berhasil lulus dengan prosentasi kelulusan yang tinggi (87%) dengan nilai tertinggi di tingkat regional dan menjadi terbaik ketiga di Tingkat Nasional. Lebih lanjut Dekan menyampaikan,”Hal ini bisa dicapai berkat pondasi kuat yang dibangun oleh para perintis Prodi Kesmas dan kepemimipinan pada periode sebelumnya.” Untuk pengembangan ke depan FKM membuka prodi S1 Gizi di Kampus Unej  Bondowoso serta menjadi anggota Asia Pacific Consortium Academic of Public Health (APACPH) pada General  Assembly yang dilaksanakan di Malaysia pada bulan September 2018 mendatang. Selain itu FKM Universitas Jember juga akan merintis pembukaan prodi D4 Hyperkes.

Sementara Rektor Universitas Jember pada sambutannya menyampaikan selamat pada segenap sivitas akademika FKM Universitas Jember atas pencapaian yang telah didapat pada Dies Natalis XVI ini. Rektor akan terus men-support usaha dan kerja keras fakultas untuk meningkatkan diri. “Melihat sumber daya yang ada, saya rasa Prodi Kesmas mempunyai kapasitas untuk meningkatkan akreditasi menjadi A”, ulas Bapak Moh. Hasan memberi semangat.

Adapun kegiatan peringatan Dies Natalis XVI FKM Universitas Jember ini akan terus berlanjut hingga bulan Oktober 2018 dengan agenda sebagai berikut :

%d bloggers like this: