Selamat Datang Maba Angkatan 2018

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

 

Rektor Universitas Jember melantik 7.240 mahasiswa baru angkatan 2018 dalam sebuah upacara di stadion Universitas Jember (13/8). Dalam pidato pelantikannya, Moh. Hasan, Rektor, berharap segenap mahasiswa baru Universitas Jember menjadi agen perubahan (agent of change) dalam berbagai bidang kehidupan. Pasalnya selama ini sejarah perjalanan bangsa Indonesia selalu diwarnai oleh sepak terjang mahasiswa, tidak heran jika masyarakat memberikan posisi istimewa kepada mahasiswa. Mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2018 yang dilantik terdiri dari 6.776 mahasiswa baru jenjang sarjana, dan 464 mahasiswa baru jenjang diploma. Upacara pelantikan juga dihadiri oleh seluruh dekan dan unsur pimpinan di kampus Tegalboto.

Selepas melaksanakan upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Jember (PKKMB UNEJ), segenap mahasiswa bergerak menuju fakultas masing-masing. Termasuk diantaranya 163 mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pada Tahun Akademik 2018/2019 ini, FKM Universitas Jember menerima 197 mahasiswa baru yang berasal dari tiga jalur penerimaan, yakni : SNMPTN, SBMPTN dan SBMPTBR. 197 mahasiswa baru ini terbagi atas 163 mahasiswa prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang melaksanakan perkuliahan di kampus Jember dan 34 mahasiswa Prodi Gizi yang melaksanakan perkuliahan di kampus Bondowoso.

Mahasiswa akan melaksanakan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru yang dilaksanakan pada tanggal 13-17 Agustus 2018. Selanjutnya mengikuti program Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI AD pada tanggal 17-28 September 2018. Kemudian kegiatan P2MABA (Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru), untuk Maba Prodi Kesmas dijadwalkan dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 8,9,15,16,22 dan 23 September 2018. Adapun bagi mahasiswa baru Prodi Gizi di Bondowoso direncanakan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018.

Kegiatan  Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Jember (PKKMB UNEJ) tahun 2018 ini memiliki keunikan yang sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Salah satunya adalah kontes foto PKKMB UNEJ 2018. Mahasiswa disilakan mengupload foto selama kegiatan PKKMB berlangsung dengan menggunakan hashtag resmi. Pemenang dengan foto terbaik akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2018 dan akan mendapatkan hadiah menarik.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya peristiwa bullying selama pelaksanaan Ospek Mahasiswa Baru, Universitas Jember menyediakan situs resmi untuk pengaduan khusus mahasiswa baru. Web tersebut di akses oleh seluruh mahasiswa baru.

 

 

%d bloggers like this: