Dharma Wanita FKM : Tetap Sehat dan Juara !

Berita Kegiatan

 

Seorang Guru Besar Filsafat pernah berujar “Orandum Est Ut Sit Mensana Incorpore Sano”. Artinya, marilah kita berdoa semoga di dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat. Ungkapan dari pribahasa latin ini secara tersirat menyatakankan bahwa berdoa dan berolahraga akan membuat jiwa dan raga akan sehat. Salah satu jenis olah raga yang murah namun efektif adalah Senam. Olah raga ini diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, menurunkan berat badan, mengurangi stres dan meningkatkan mood, meningkatkan stamina, meningkatkan kelenturan dan kebugaran serta tidak mudah terserang penyakit. Demikian penjelasan seorang general practitioner rumah sakit.

Hal ini menginspirasi ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sub Unit Fakultas Kesehatan Masyarakat bersemangat berlatih senam. Diantara mereka nampak para dosen, karyawan dan para istri pegawai di lingkungan FKM Universitas Jember. Senam Maumere dipilih sebagai menu utama latihan. Senam ini dipilih karena pada satu sisi merupakan jenis senam yang sedang hits, di sisi lain latihan senam maumere ini merupakan bagian dari persiapan mengikuti lomba senam dalam rang peringatan Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018.

Pada hari kamis, 16 Agustus 2018, Rektor Universitas Jember berkenan membuka lomba senam yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Unit Universitas Jember. Seluruh perwakilan sub unit Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Universitas Jember turut hadir berlomba. Venue lomba di Gedung Keluarga Alumni Universitas Jember nampak meriah dengan kehadiran para peserta dan supporternya dengan beraneka ragam kostum yang dikenakan.

Suasana menjadi semakin seru dan heboh saat tim senam DWP Sub Unit FKM tampil. Performa tim nomor urut delapan ini nampaknya menjadi favorit penonton yang hadir. Terbukti sejumlah penonton memberikan applaus dan standing ovation setelah tim FKM menyelesaikan aksinya. Namun menjadi favorit penonton nampaknya tidak selalu sejalan dengan kriteria juri. Setelah menimbang-nimbang, Tim Juri akhirnya memutuskan Tim Senam DWP FKM meraih Juara III.

Terlepas dari hasil kejuaraan, menjadi juara bukanlah tujuan utama kegiatan ini. Sebagaimana doa yang dibawakan di awal acara, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan untuk semakin memperbaiki kualitas hidup dan kualitas ibadah para peserta. Semoga !

 

 

 

 

 

 

%d bloggers like this: