Maba FKM Ikuti Posbindu

Berita Kegiatan

Suasana seru dan ceria mewarnai halaman belakang kampus FKM Universitas Jember. Ratusan mahasiswa berbaur dengan pimpinan, dosen dan karyawan melaksanakan senam pagi bersama pada Jum’at pagi 7 September 2018. Berbeda dengan kegiatan senam sebelumnya, kegiatan kali ini lebih banyak  melakukan gerak senam aerobic. Aktivitas senam aerobic ini diyakini memberi banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : Membakar kalori, membantu tubuh mengeluarkan endorphin (zat yang mampu meredakan nyeri), mengatasi stress dan membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Mahasiswa baru 2018 nampak bersemangat mengikuti gerakan instruktur. Mengikuti suara musik yang nge-beat para peserta senam terus begerak cepat mengikuti gerakan senam dengan dipandu oleh dua orang instruktur. Olah raga yang berlangsung selama kurang lebih tiga puluh menit ini diharapkan dapat membantu membakar 300-400 kalori.  Selain untuk menjaga kesegaran jasamani agar senantiasa fresh di sela kesibukan kerja, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mempererat hubungan baik diantara sivitas akademik FKM Universitas Jember.

Seusai senam para peserta antre mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Tes kesehatan yang dilaksanakan di Gazebo timur kampus FKM Universitas Jember ini menyediakan layanan tes untuk tensi, gula darah, kolesterol serta asam urat. Menurut Wakil Dekan I, Dr. Farida Wahyu Ningtyias, kegiatan senam dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian kegiatan Posbindu yang  melibatkan peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan karyawan yang umumnya berusia produktif.

Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, Yaitu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat, Dan FKM Universitas Jember sebagai institusi pencetak tenaga kesehatan bidang kesehatan masyarakat ikut berupaya berperan serta melakukan tindakan preventif terhadap resiko penyakit tidak menular dengan menyelenggarakan Posbindu di lingkungan kampus ungu.

 

%d bloggers like this: