Peresmian FKM UNEJ sebagai anggota APACPH

Berita

Setelah berproses selama 2 tahun, FKM UNEJ akhirnya resmi menjadi anggota Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH). Peresmian FKM UNEJ sebagai anggota baru dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan sidang umum/general assembly APACPH yang ke-50 di Universiti Malaysia Sabah (UMS) Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan, Kota Kinabalu, Sabah – Malaysia pada hari Selasa, 11 September 2018. Plakat keanggotaan diserahkan langsung oleh Presiden APACPH Masamine Jimba, MD, MPH, PhD kepada perwakilan FKM UNEJ Andrei Ramani, S.KM, M.Kes. yang disaksikan oleh dewan pimpinan APACPH beserta delegasi APACPH yang lain.

APACPH adalah organisasi konsorsium pendidikan kesehatan masyarakat se-Asia Pasifik yang memiliki misi meningkatkan kapasitas regional dalam peningkatan kualitas hidup dan menghadapi tantangan kesehatan masyarakat melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kesehatan. FKM UNEJ melakukan proses pendaftaran sejak akhir 2016 melalui regional office Indonesia yang saat ini berada di FKM Universitas Indonesia, dilanjutkan dengan site visit APACPH ke FKM UNEJ yang dilakukan oleh Dr. Ede Surya Darmawan, S.KM., MDM pada hari Jumat 21 Juli 2017. Peresmian FKM UNEJ sebagai anggota APACPH juga menjadi momen berharga bagi ulang tahun FKM UNEJ yang ke-XVI.

Sebelum pelaksanaan general assembly, para delegasi APACPH dari masing-masing institusi diajak oleh Datuk Dr Mohd Yusof Ibrahim sebagai Organising Chairman untuk melakukan penanaman pohon buah-buahan yang rencananya akan dijadikan APACPH Park oleh UMS. FKM UNEJ mendapatkan pohon limau Sunkist (Citrus reticulata) untuk ditanam. Selanjutnya pada delegasi diajak oleh UMS untuk melihat Muzium Perubatan/Medical Museum yang dimiliki oleh UMS.

 

Pada sesi diskusi Deans Meeting beberapa hal yang menjadi isu adalah tantangan regional bidang kesehatan di wilayah regional Asia-Pasifik dan tantangan revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan kesehatan masyarakat. Perhelatan APACPH ke-51 tahun 2019 akan dilaksanakan di Thailand oleh Mahidol University dengan tema SDG & Public Health. Selamat kepada FKM UNEJ, semoga dengan capaian ini bisa merintis peningkatan kualitas tri dharma FKM UNEJ di regional Asia-Pasifik.

%d bloggers like this: