Ada yang beda dalam Try Out UKOM

Berita Kegiatan

Dalam rangka menghadapi  Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat periode Nopember  2018. Fakultas Kesehatan  Masyarakat Universitas Jember mengirimkan 20 mahasiswa untuk mengikuti Try Out Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKAKMI) yang diselenggarakan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Pada kegiatan ini FKM Universitas Jember juga mengirimkan seorang dosen sebagai pengawas lokal dan seorang staf pendamping mahasiswa. Kehadiran FKM Unej dalam agenda ini sebagai bagian persiapan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Penyelenggaraan Try  Out UKAKMI periode ini berbeda dengan periode sebelumnya karena menggunakan dua metode uji, yaitu IBT (Internet basic test) dan PBT (Paper Basic Test). Pelaksanaan try out UKAKMI pun dilakukan selama 2 hari. Metode Internet Basic Test (IBT) merupakan pelaksanaan ujian menggunakan internat sehingga penggunaannya membutuhkan jaringan komputer online untuk mengerjakan tiap soal yang diujikan. Hari pertama dikhususkan untuk IBT, Pelaksanaannya dilakukan pada hari Jumat, tanggal 21 September 2018 dengan jumlah soal 60 dan waktu yang diberikan 60 menit, mulai Pukul 14.00 WIB sampai Pukul 15.00 WIB. Peserta UKAKMI yang menggunakan metode IBT difasilitasi dengan komputer yang sudah disiapkan oleh Panitia. Pelaksanaan IBT merupakan yang pertama kalinya selama penyelenggaran UKAKMI sehingga penyelengaraan membutuhkan pengujian lagi.

Dihari kedua merupakan pelaksanakan PBT (paper  basic Test) dilakukan pada hari sabtu, dengan jumlah soal 180 dan waktu yang diberikan 180 menit, mulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Sebelum pelaksanaan ujian, baik IBT atau PBT semua peserta wajib mengikuti briefing dari Pengawas Pusat Komite Nasional UKAKMI untuk mengetahui petunjuk teknis pelaksanaan ujian. Tidak hanya itu, sebelum melakukan ujian peserta juga harus verifikasi kartu ujian peserta UKAKMI sebagai tanda bukti telah melakukan registrasi. Try Out UKAKMI tersebut juga dihadiri langsung oleh Pengawasan Pusat yang berasal dari FKM UI untuk meninjau pelaksanaannya.

Ditemui dalam sambutan briefing peserta Try Out UKAKMI, Ibu Wiwik S.KM., M.Kes selaku Penanggung Jawab Lokasi Try Out UKAKMI, menyatakan adanya Try Out UKAKMI ini untuk melatih kesiapan mahasiswa calon peserta UKAKMI menuju UKAKMI yang sebenarnya, sekaligus untuk uji coba dengan sistem baru yaitu IBT  (Internet Basic Test). — M. Ahid.

%d bloggers like this: