Seleksi Peminatan dengan Ketentuan Baru

Berita

Tanggal 2 Desember 2018, mahasiswa angkatan 2016 berkumpul di Aula FKM UNEJ untuk mendengarkan paparan dari WD 1 beserta ketua dan sekretaris bagian FKM UNEJ tentang 7 peminatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan mahasiswa angkatan 2016 yang akan menempuh mata kuliah peminatan di semester VI tahun akademik 18192. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 2,5 jam. Setiap ketua dan sekretaris bagian memaparkan tentang profil peminatannya beserta peluangnya di dunia kerja.

Pemilihan peminatan ini dilakukan oleh mahasiswa yang akan memasuki semester VI dengan beberapa kriteria  yaitu prioritas pilihan peminatan, nilai mata kuliah prasyarat, IPK dan yang baru adalah adanya kuota disetiap peminatan tergantung jumlah dosen yang bisa membimbing skripsi. Aturan baru ini diterapkan dengan beberapa pertimbangan antara lain jumlah mahasiswa bimbingan skripsi di setiap dosen melebihi batas maksimal per tahun berdasarkan standar akreditasi dan juga mempertimbangkan lama penyelesaian tugas akhir yang semakin panjang. Kedua hal ini akan berdampak pada nilai akreditasi prodi yang juga akan berpengaruh pada lulusan.

Seleksi peminatan diawali dengan pengisian form pengajuan peminatan oleh mahasiswa kemudian dalam rapat penentuan peminatan yang terdiri dari kabag dan sekretaris bagian dipimpin oleh WD 1 akan didistribusikan ke peminatan berdasarkan kuota dengan mempertimbangkan nilai prasyarat mata kuliah dan IPK.  Apabila pada peminatan pilihan pertama telah memenuhi kuota maksimal, maka digeser pada pilihan kedua demikian seterusnya sampai pada pilihan ketiga. Apabila terjadi sampai pilihan ketiga ternyata tidak bisa masuk pada peminatan yang dipilih karena kuota maksimal telah terpenuhi, maka mahasiswa HARUS memilih salah satu peminatan yang tersedia. Proses ini dibawah tanggung jawab WD1.

WD 1 berpesan agar peminatan yang telah ditentukan tidak mempengaruhi prestasi dan semangat untuk lulus tetap waktu, karena apapun peminatannya gelar yang akan disandang sama yaitu S.KM. (Sarjana Kesehatan Masyarakat).(fwn)

%d bloggers like this: