Perkenalkan FKM kepada Siswa-siswi SMAN 1 Sukodadi Lamongan

Publikasi

Pendaftaran SNMPTN 2019 telah di buka. Para siswa-siswi SMA sederajat mulai disibukkan dengan registrasi online pada laman resmi SNMPTN 2019 yaitu https://web.snmptn.ac.id. Setiap peserta SNMPTN 2019 hanya dapat menentukan maksimal 2 pilihan program studi. Oleh karena itu setiap peserta disarankan untuk telah mengetahui dengan baik program studi mana yang akan menjadi pilihannnya, sebab jika tidak demikian maka akan dapat berakibat pada saat perkuliahan nanti. Tak sedikit mahasiswa baru putus kuliah dan melakukan pendaftaran lagi pada tahun selanjutnya yang disebabkan oleh ketidakcocokkan terhadap program studi pilihannya.

Perlu ada dukungan dari pihak sekolah kepada siswa dalam menentukan pilihannya. Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sukodadi Lamongan yang mengajak siswa-siswinya untuk melakukan kunjungan ke Fakultas Kesehatan Masyarakan Universitas Jember (FKM Unej) pada hari kamis 7 Februari 2019 kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh 228 siswa-siswi SMAN 1 Sukodadi yang didampingi oleh 15 pembina.

Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 14.00 hingga selesai. Selama kegiatan, para siswa-siswi diberi penjelasan tentang gambaran bagaimana lulusan FKM dapat menjawab masalah-masalah lingkungan dan kesehatan yang banyak terdapat disekitar kita. Para siswa-siswi juga dikenalkan dengan bidang-bidang peminatan yang ada pada FKM Unej yang secara keseluruhan terdapat 5 bidang peminatan, yaitu:

  1. Bidang Epidemiologi dan Biostatistikan dan Kependudukan, dengan fokus kajian pengendalian masalah kesehatan masyarakat dengan pendekatan epidemiologi mencakup promotif, preventif dan protektif; penerapan statistika di bidang kesehatan dan masalah kependudukan; dan kesehatan reproduksi.
  2. Bidang Administrasi Kebijakan Kesehatan, dengan fokus kajian organisasi kesehatan (rumah sakit, puskesmas, dll.), manajemen pelayanan kesehatan (termasuk manajemen mutu, manajemen keuangan, manajemen logistik, dll.), manajemen program kesehatan, kebijakan bidang kesehatan, manajemen sumber daya manusia (SDM), ekonomi kesehatan, asuransi kesehatan, dan kewirausahaan bidang kesehatan.
  3. Bidang Promosi Kesehatan dan Ilmi Perilaku, dengan fokus kajian perencanaan dan evaluasi promosi (pendidikan) kesehatan, konseling, dan pengembangan dan pengorganisasian masyarakat, serta pengembangan metode dan media promosi kesehatan.
  4. Bidang Kesehatan Lingkungan dan K3, dengan fokus kajian faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, termasuk diantaranya pengelolaan sumber daya air, pengelolaan limbah, pencemaran lingkungan, sanitasi perumahan dan tempat umum, higiene sanitasi makanan dan minuman, pengendalian binatang pengganggu (vector) dan tikus (rodent), analisis dampak lingkungan (AMDAL); dan upaya promotif, preventif dan protektif bidang keselamatan dan kesehatan kerja.
  5. Program Studi Ilmu Gizi, dengan fokus kajian ilmu pangan (food science) dan gizi masyarakat (community nutrition). Sub kajian meliputi food consumptiom, food selection, food reparation, food supply, promosi dan preventif bidang gizi, epidemiologi dan surveillance gizi, penentuan status gizi, dan dietetik masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa-siswi SMAN 1 Sukodadi mendapatkan wawasan yang lebih sehingga tidak salah dalam memilih program studi pada saat pendaftaran SNMPTN tahun ini. Dipenghujung acara, salah satu pembina memberikan cinderamata kepada Dekan FKM Unej sebagai bentuk ucapan terimakasih atas sambutan hangat yang telah diberikan.

%d bloggers like this: