» Berita

Bersyukur dengan Ber-qurban

Berita

Allah SWT telah melimpahkan banyak nikmat pada hamba-hamba-Nya, begitu banyak nikmat tersebut sehingga manusia tidak akan mampu menghitung. Namun jika diperhatikan, maka sungguh tanda-tanda kenikmatan dari Allah sangat mudah ditemui. Allah telah mengkaruniai panca indera secara sempurna, dengan indera tersebut mampu merasakan pahit, manis, lembut, kasar dst. Allah swt juga men-supply oksigen secara tak terbatas bagi kehidupan ummat manusia. Dan nikmat yang paling utama berupa nikmat iman. Maka selayaknya jika manusia bersyukur atas segala nikmat tersebut. Salah satu bentuk syukur tersebut adalah dengan cara menegakkan sholat dan berqurban sebagaimana tuntunan Allah swt dalam QS Al Kautsar : 1-2 yang artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabb-mu dan berkurbanlah.

Guna merealisasikan rasa syukur tersebut, sivitas akademik FKM Universitas Jember yang diinisiasi oleh UKM Kerohanian Islam “Ash Shihah” menyelenggarakan kegiatan Paket Idul Adha 1437 H. Kegiatan ini diawali dengan agenda kajian islam dan buka puasa (sunah arafah)  pada 9 dzulhijjah yang bertepatan pada hari minggu 11 September 2016 di Musholla Ash Shihah FKM Universitas Jember. Acara ini dilanjutkan dengan pembacaan sholawat dan takbir pada malam hari raya idul adha 1437 H. Dan keesokan harinya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Melalui program tabungan qurban alias “tabaqur” berhasil terkumpul qurban dari tujuh orang pequrban yang kemudian dirupakan seekor sapi. Tabaqur merupakan program yang mengajak sivitas akademik FKM yang berniat berqurban untuk menabung selama periode tertentu. Sejumlah dosen dan karyawan FKM Universitas Jember berpartisipasi dalam program tabaqur ini dan dapat melaksanakan ibadah qurban pada tahun ini.

idul adha fkm unej 2016

Ibadah qurban merupakan bentuk pendekatan diri (taqarub) pada Allah SWT sekaligus wujud syukur atas segala kenikmatan yang terlimpahkan. Dengan qurban pula sivitas akademik FKM Universitas Jember dapat saling berbagi dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sosial.(ag)

%d bloggers like this: