Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim

Berita Kegiatan

Apabila datang Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (Terjemah HR. Bukhari-Muslim)

Dalam rangka berbagi dan bersyukur atas nikmat Allah swt serta menyambung hubungan antara sesama muslim, FKM Universitas Jember menyelenggarakan buka bersama segenap sivitas akademika. Buka bersama ini dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen, dan karyawan yang datang bersama anggota keluarga. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para ketua organisasi kemahasiswaan (BPM, BEM, UKM) di lingkungan FKM Universitas Jember serta beberapa alumni yang merupakan pengurus Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat (Ikakesma).

Acara buka bersama berlangsung meriah. Kehadiran anggota keluarga pimpinan, dosen dan karyawan dapat membangun keakraban diantara keluarga besar FKM Universitas Jember. Acara yang dilaksanakan secara rutin pada setiap bulan ramadhan ini dapat membangun hubungan baik dan saling kenal diantara keluarga, baik keluarga unsur pimpinan hingga staf terbawah.

Exif_JPEG_420

Acara buka bersama yang bertepatan dengan 22 Ramadhan 1437 H diisi taushihah (nasehat agama) oleh Ust. Ir. Abdul Majid, MP yang merupakan Ketua Takmir Masjid Kampus “Al Hikmah” Universitas Jember. Dalam ceramahnya Ust. Abdul Majid mengajak peserta buka bersama untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah swt. Setidaknya lima kali dalam sehari Allah swt memanggil hamba-Nya, maka hendaknya panggilan tersebut dipenuhi dengan segera. Sholat lima waktu selayaknya dilaksanakan secara tertib dan tepat waktu. Taqarubilallah (mendekat pada Allah) juga dilakukan dengan memperbanyak dzikir (mengingat Allah). Salah satu cara mengingat Allah (selain berdzikir secara lisan) adalah dengan senantiasa bersyukur kepada Allah swt serta bersabar atas ujiannya. Melapangkan hati, selapang danau yang berair jernih sehingga tidak mudah mengeluh dengan ujian-Nya.

 

Exif_JPEG_420

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pemberian santunan bagi 15 anak yatim. Santunan yang diberikan merupakan hasil donasi segenap dosen dan karyawan FKM Universitas Jember. Penyerahan santunan diwakili oleh Dekan dan Pembantu Dekan III FKM Unej. Donasi ini merupakan shodaqoh sivitas akademika FKM Universitas Jember sebagai bentuk kepedulian untuk berbagi bersama sesama muslim di bulan penuh kemuliaan, Bulan Ramadhan 1437 H. Acara buka bersama dan santunan yatim piatu ini diharapkan mendatangkan barokah bagi keluarga besar FKM Universitas Jember khususnya dan muslim Jember umumnya.(ag)

%d bloggers like this: