Buku Panduan Pengalaman Belajar Lapangan Tahun Akademik 2021-2022

Download PBL
Buku Panduan PBL 2021-2022

Salah satu wujud dalam rangka pencapaian visi dan sasaran ini maka diperlukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL). PBL merupakan bagian dari kurikulum pendidikan S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan PBL bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama menempuh studi di perkuliahan, juga mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan dengan pendekatan yang ada di bidang kesehatan masyarakat yang bersifat multidisipliner. PBL juga merupakan proses belajar mengajar mahasiswa di luar perkuliahan yang dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami segala permasalahan di bidang kesehatan yang terjadi di masyarakat dan mengetahui instansi yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pengalaman Belajar Lapangan dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu PBL I dan PBL II. Ada perbedaan ruang lingkup antara PBLI dan PBL II, sesuai dengan tujuan kegiatan.Pada PBL I diharapkan mahasiswa mampu untuk mengenal dan mengidentifikasi berbagai masalah di bidang kesehatan yang terjadi di masyarakat, dan mengenal beberapa instansi yang memberikan pelayanan kesehatan dan pelayanan yang terkait dengan kesehatan masyarakat.

Pada PBL II mahasiswa diharapkan mampu melakukan penetapan masalah kesehatan masyarakat dan penyebabnya, pemilihan prioritas masalah kesehatan, membuat rencana program kesehatan, melakukan implementasi/pelaksanaan program kesehatan di masyarakat, dan melakukan evaluasi program kesehatan. Dengan demikian PBL I dan PBL II merupakan kegiatan yang berurutan.

Unduh Buku Panduan Pengalaman Belajar Lapangan Tahun Akademik 2021-2022 di sini