Bus Screening Mobile X-Ray RS Paru Jember

Berita
Bus Screening Mobile X-Ray RS Paru Jember

Fakultas Kesehatan Masyarakat UNEJ bekerja sama dengan RS Paru Jember melakukan screening Tubercolusis (TB) dengan pemeriksaan X-ray. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 19-20 Desember 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta investigasi kontak dan 120 orang diantaranya dilakukan pemerikasaan lanjutan dengan X-Ray. Kegiatan ini melibatkan semua civitas akademika FKM UNEJ yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan juga mahasiswa. Kegiatan ini akan diusulkan kembali tahun depan hingga semua civitas akademika FKM UNEJ diperiksa.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan tentang TB dari RS. Paru Jember yang disampaikan oleh Zetiawan, SKM (karyawan RS. Paru Jember sekaligus alumni FKM UNEJ) tentang TB di Kabupaten Jember dan cara pencegahan TB yang kemudian dilanjutkan dengan pemerikasaan X-ray. Hasil X-ray akan menjadi dasar untuk upaya tindak lanjut jika ada yang terdiagnosis positif TB.

Dekan FKM UNEJ,  Irma Prasetyowati, SKM., M.Kes menyebutkan dalam sambutan pembukaan acara tersebut bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen FKM UNEJ sebagai salah satu institusi pendidikan kesehatan di Kabupaten Jember untuk ikut mencegah penularan TB melalui kampus karena Kabupaten Jember saat ini menduduki rangking 2 teratas untuk prevalensi TB tertinggi di Jawa Timur. FKM UNEJ akan menjadi pelopor kegiatan ini untuk dilaksanakan di fakultas lain di Universitas Jember