Capacity Building Ormawa FKM Unej 2021

Publikasi

Awal tahun selalu menjadi momentum tersendiri bagi Ormawa (Organisasi Mahasiswa) di lingkungan Universitas Jember. Hal ini dikarenakan setiap Ormawa di lingkungan Universitas Jember telah berganti dari kepengurusan yang lama menjadi kepengurusan yang baru. Pengurus Ormawa yang baru selanjutnya akan menyusun TOR (Term of Reference) program kerja kegiatan yang baru selama satu tahun kepengurusan dan mengajukan program kerja kegiatan tersebut ke fakultas/universitas melalui Program SIMAWA (Sistem Informasi Ormawa) Universitas Jember yang dapat diakses langsung di SISTER (Sitem Informasi Terpadu) Universitas Jember.

Pengajuan program kerja bagi Ormawa di lingkungan Universitas Jember dilakukan  melalui Program SIMAWA Universitas Jember. Pengajuan ini dilakukan setiap awal tahun dengan batasan waktu pengajuan yang telah ditentukan oleh universitas. Apabila Ormawa tidak mengajukan program kerja kegiatan hingga waktu yang telah ditentukan, maka Ormawa tersebut tidak dapat mengusulkan anggaran kegiatan kepada fakultas maupun universitas. Sehingga akan sangat disayangkan apabila terdapat masalah-masalah teknis yang menjadi penghambat dalam pengajuan program kerja kegiatan Ormawa.

Adanya program ini membuat semua dokumen pengajuan dan persetujuan terdokumentasikan dengan rapih. Selain itu proses pengajuan program kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu Ormawa harus benar-benar mengetahui penyusunan TOR dan seluruh proses pengajuan program kerja kegiatan melalui SIMAWA Universitas Jember.

Pengajuan program kerja kegiatan ormawa menjadi tantangan tersendiri bagi Ormawa. Agar Ormawa dapat lebih siap dalam menjawab tantangan tersebut FKM Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Capacity Building bagi seluruh Ormawa di lingkungan FKM Universitas Jember. Kegiatan ini akan diisi oleh Leersia Yusi Ratnawati (Wakil Dekan 2 FKM Universitas Jember) sebagai narasumber tentang penyusunan TOR dan SPJ (Surat Pertanggungjawaban), proses pengajuan, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan administrasi dan penganggaran kegiatan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Evi Umayah Ulfa yaitu tentang urgensi PKM dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Terakhir, peserta kegiatan mendapatkan sosialisasi tentang Manual Book Ormawa FKM Unej yang akan disampaikan oleh Dewi Rokhmah (Wakil Dekan 3 FKM Universitas Jember).