Capacity Building Reviewer Jurnal Biograph-i

Kegiatan Tulisan

Jurnal Biograph-i adalah jurnal baru yang dibentuk pada akhir tahun 2020 lalu oleh Kelompok Riset (Keris) Biograph-i FKM Universias Jember. Jurnal Biograph-i adalah jurnal berkala ilmiah yang dapat diakses secara bebas. Jurnal ini memiliki visi untuk menjadi media diseminasi hasil penelitian-penelitian para akademisi, praktisi, dan instansi pemerintah. Jurnal Biograph-i menerima original articles dan review articles pada bidang-bidang berikut:

  1. Sensus/survei kependudukan
  2. big data
  3. fertilitas dan kesuburan
  4. kesehatan dan hak-hak reproduksi
  5. kesehatan ibu dan anak, remaja serta penuaan
  6. Dinamika populasi meliputi kematian, dan migrasi serta artikel kesehatan terkait lainnya

Pada hari rabu tanggal 17 Februari 2021, Jurnal Biograph-i mengadakan kegiatan capacity building yang ditujukan kepada para reviewer. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman reviewer terhadap proses review naskah pada OJS (Online Journal System) Jurnal Biograph-i. Perlu diketahui bahwa Jurnal Biograph-i menerapkan proses secara daring melalui sebuah webiste baik dari penerimaan hingga penerbitan naskah. Adanya OJS ini tentu semakin memudahkan penulis dalam mengirimkan naskah dan melakukan penelurusan sampai dimana naskah tersebut telah diproses.

Acara ini mengundang semua Reviewer Jurnal Biograph-i yang juga merupakan dosen dan rekan-rekan FKM Universitas Jember. Reviewer mendapatkan meteri tentang tata kelola reviewer sekaligus melakukan praktik secara langsung pada OJS Jurnal Biograph-i.