FKM Universitas Jember » Deskripsi Mata Kuliah Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

UNU 9003 Teknologi Informasi Kesehatan   2(20)
Konsep dasar teknologi informasi (pengertian tentang informasi dan teknologi informasi, sejarah teknologi informasi, jenis-jenis media informasi), penggunaan komputer sebagai media informasi, sistem informasi dan masyarakat, etika pemanfaatan sistem informasi, aplikasi teknologi informasi (pengenalan jaringan, sharing komputer, sharing file, sharing printer, pemakaian internet, pencarian informasi menggunakan search engine, pengenalan email, attachement dan pengiriman file, pemanfaatan miling list, mengenal homepage dan membuat homepage).

KMU 1106 Dasar S1 Kesehatan Masyarakat    2( 20)
Mata kuliah yang berisi tentang sejarah munculnya S1 Kesehatan Masyarakat, beberapa teori dalam S1 Kesehatan Masyarakat, rumpun ilmu dalam kesehatan masyarakat, keadaan S1 Kesehatan Masyarakat saat ini dan proyeksinya di masa depan serta keadaan saat ini yang terkait dengan S1 Kesehatan Masyarakat.

KMU 1107 Sains Kesmas    4(40)
Mata kuliah yang berisi tentang sains dasar sebagai pengantar bagi mahasiswa untuk mempelajari S1 Kesehatan Masyarakat. Bahan kajiannya antara lain fisika tentang gerak, biologi sel, biokimia dasar dan matematika kesehatan.

KMU 1210 Kewirausahaan Bidang Kesehatan    2(20)
Matakuliah ini membahas konsep kewirausahaan, perencanaan kewirausahaan, manajemen logistik, manajemen keuangan kewirausahaan serta manajemen pemasaran di bidang kesehatan (meliputi membangun brand image), stakeholder kewirausahaan di bidang kesehatan dan tingkat kepuasan pelanggan.

KMU 1211 Komunikasi Kesehatan    2(20)
Dalam mata kuliah ini membahasa tentang definisi komunikasi kesehatan, teori-teori komunikasi kesehatan, komunikasi sebagai proses perubahan perilaku, komunikasi interpersonal, public relation dan advokasi masyarakat, komunikasi kepada pengambil kebijakan, perencanaan dan implementasi program komunikasi kesehatan, analisis situasi dan profil audiens, identifikasi program kesehatan, dan monitoring dan evaluasi program komunikasi kesehatan.

KMU 1109 Penulisan Ilmiah    2(20)
Dalam mata kuliah ini membahas tata cara penulisan ilmiah. Mempelajari unsur-unsur dalam artikel ilmiah dengan melakukan kajian terhadap artikel ilmiah.

KMU 1213 Sosio Antropologi Kesehatan    3(30)
Dalam mata kuliah ini akan dibahas pengertian sosiologi, sosiologi kesehatan, metodologi sosiologi dan metode riset sosiologi, konsep umum tentang kesehatan, peran sosiologi dalam praktek kesehatan, pengertian antropologi, antropologi kesehatan, sejarah perkembangan antropologi kesehatan, konsep sehat sakit, akar dari antrokes, antrokes dan ekologi, dampak pembangunan dan perubahan ekologi terhadap kesehatan, perkembangan budaya kesehatan masyarakat,  hubungan antara budaya dan keshehatan dan antropologi dunia barat serta non barat.

KMU 1108 Etika dan Hukum Kesehatan    2(20)
Materi pokok perkuliahan Etika dan Hukum Kesehatan adalah mengetahui perbedaan dan persamaan antara norma-norma perilaku dalam masyarakat, antara lain Etika (Umum), Etika Profesi, dan Hukum (khususnya Hukum Kesehatan). Fokus pembahasan dan analisis pada undang-undang nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan dalam kaitannya dengan Etika Profesi. Pembahasan dan analisis dititikberatkan pada tugas tenaga kesehatan masyarakat, dalam menyelenggarakan kegiatan di bidang kesehatan sesuai dengan bidang keahlian. Kewenangannya dalam melaksanakan tugasnya tersebut tenaga kesehatan berhak memperoleh perlindungan hukum sesuai dengan profesinya. Oleh karena itu tenaga kesehatan wajib mematuhi standar profesinya dan menghormati hak pasien.

KMU 1215 Dasar Kependudukan    2(20)
Pengenalan konsep, definisi, dan ruang lingkup demografi, sejarah dan teori perkembangan penduduk, sumber data dan ukuran dasar kependudukan, komposisi dan piramida penduduk, faktor demografi yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

KMU 1216 Dasar Biomedik  I     3(30)
Mata kuliah yang berisi kajian tentang imunologi, anatomi fisiologi, keseimbangan asam basa dan komunikasi antar sel.

KMU 1218 Dasar Biomedik  II    3(30)
Mata kuliah yang berisi kajian tentang parasitologi, patologi umu, toksikologi dan mikrobiologi.

KMU 1217 Dasar Organisasi dan Manajemen   2(20)
Matakuliah ini membahas dasar-dasar organisasi, perilaku organisasi, perubahan dan pengembangan organisasi, budaya organisasi, konsep diagnostic management organisasi, dasar-dasar manajemen yang terdiri (meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan hingga pengendalian dan pengawasan) dan konsep building learning organization.

KMU 1310 Dasar Epidemiologi  2(20)
Pembahasan  mengenai pengertian, perkembangan dan ruang lingkup epidemiologi, konsep dan  klarifikasi agen penyakit, riwayat alamiah penyakit, tahap pencegahan penyakit, ukuran frekuensi penyakit, pola penyakit menurut variabel orang, tempat dan waktu, strategi epidemiologi, jenis penelitian epidemiologi dan hubungan asosiasi.

KMU 1311 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan   2(20)
Matakuliah ini membahas konsep administrasi kesehatan, fungsi administrasi kesehatan (meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan evaluasi bidang kesehatan), sistem kesehatan, pelayanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, kebijakan kesehatan dan strategi desentralisasi bidang kesehatan, sistem kesehatan nasional dan daerah, Sustainable Development Goals (SDG’s) dan kebijakan pemberdayaan sebagai strategi pendekatan program kesehatan di masyarakat.

KMU 1312 Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat   3(30)
Membahas tentang definisi dan peranan ilmu gizi dalam kesehatan, gizi seimbang, zat gizi makro dan mikro (jenis, fungsi, klasifikasi dan proses metabolisme zat gizi yang meliputi pencernaan, absorbsi, transportasi dan ekskresi), akibat kelebihan dan kekurangan zat gizi, serta membahas tentang menentukan angka kecukupan gizi.

KMU 1313 Dasar Promosi Kesehatan    2(20)
Dalam mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar pendidikan kesehatan, promosi kesehatan, persamaan dan perbedaan antara pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan, perilaku kesehatan serta implementasi pendidikan kesehatan dengan tujuan perubahan perilaku kesehatan tertentu dengan menggunakan media promosi kesehatan pada masyarakat perkebunan, pantai/pesisir. Output dari mata kuliah ini menghasilkan draf Term Of Reference sebuah kegiatan pendidikan dan promosi kesehatan.

KMU 1314 Dasar Kesehatan Lingkungan    2(20)
Dibahas tentang dasar-dasar dan prinsip-prinsip kesehatan lingkungan yang meliputi pengantar penyediaan air bersih, pengantar pencemaran lingkungan, pengantar pengelolaan limbah, pengantar higiene sanitasi makanan dan minuman, pengantar sanitasi pemukiman dan tempat umum, pengantar pencemaran lingkungan, pengantar Amdal, pengantar pengendalian vektor dan rodent.

KMU 1315 Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja    2(20)
Dibahas tentang perkembangan K3, keselamatan dan kecelakaan kerja, statistik kecelakaan kerja, kesehatan kerja dan penyakit akibat kerja, epidemiologi, fisiologi kerja, perilaku manusia dalam bekerja, statistik kecelakaan kerja, promosi kesehatan kerja di tempat kerja dan Manajemen K3

KMU 1316 Dasar Kesehatan Reproduksi /KIA    2(20)
Anatomi, fisiologi, dan patologi organ/sistem reproduksi, pubertas, metode kontrasepsi, infertilitas, andropause, menopause, kesehatan reproduksi remaja, gender dan seksualitas.

KMU 1317 Kepemimpinan dan Berfikir Sistem Kesmas     2(20)
Matakuliah ini membahas bagaimana kepemimpinan sebagai inti dari organisasi dan manajemen sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak secara sistem dalam menghadapi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat yang terjadi baik secara lokal, regional, nasional hingga global untuk mendapatkan penyelesaian secara efektif dan efisien.

KMU 1318 Dasar Biostatistik   3(30)
Konsep dasar pendekatan biostatistik, peran biostatistik dalam kesehatan, jenis dan skala data. Konsep, batasan dan ruang lingkup statistik deskriptif dan inferensial. Penyajian data (tekstular, tabular dan grafik), distribusi frekuensi, ukuran tendensi sentral dan penyebaran, probabilitas, distribusi normal, distribusi binomial, distribusi sampling, distribusi poison. Interfal kepercayaan, konsep uji hipotesis, tingkat kemaknaan dan kuat uji.

KMU 1411 Epidemiologi Penyakit Menular   2(20)
Pembahasan mengenai pendekatan epidemiologi penanggulangan penyakit kronis, masalah penyakit kronis,  aspek-aspek pencegahan primer, deteksi dini penyakit, pendekatan epidemiologi dalam fase rehabilitasi, cara penanggulangan penyakit kanker di masyarakat dan epidemiologinya, penyakit kardiovaskuler dan renal, penyakit diabetes, arthritis dan reumatik

KMU 1412 Ekonomi Kesehatan   2(20)
Matakuliah ini membahas konsep dasar ilmu ekonomi beserta aplikasinya (meliputi ekonomi mikro dan ekonomi makro), konsep ekonomi kesehatan, ekonomi kesehatan dalam pelayanan kesehatan, analisis biaya dan penentuan tarif, analisis ekonomi dalam program kesehatan, penganggaran program kesehatan, pembiayaan sektor kesehatan serta peranan pembangunan kesehatan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi.

KMU 1413  Analisis Kualitas Lingkungan  2(20)
Membahas konsep dasar analisis kualitas lingkungan, membahas metode dan teknik sampling analisis fisik, kimia dan biologi air, membahas metode dan teknik sampling analisis fisik, kimia dan biologi udara, membahas metode dan teknik sampling analisis fisik, kimia dan biologi tanah, membahas metode dan teknik sampling analisis fisik, kimia dan biologi makanan

KMU 1414 Ekologi Pangan dan Gizi   2(20)
Membahas tentang peranan pangan dan gizi terhadap kesehatan, sistem pangan dan gizi (sub sistem produksi, sub sistem distribusi pangan, sub sistem pasca panen, sub sistem konsumsi pangan, sub sistem status gizi), pola pangan harapan, diversifikasi pangan, serta ketahanan dan keamanan pangan.

KMU 1415 Ergonomi & Faal Kerja   2(20)
Ergometri dan anthropometri, pengorganisasian kerja, automasi dan mekanisasi, penerapan ergonomi dalam produktifitas kerja, kebutuhan kalori pekerja

KMU 1416 Psikologi Industri   2(20)
Dibahas tentang ruang lingkup psikologi dalam industri, perbedaan individu dalam bekerja, motivasi, sikap kerja dan kondisi kerja, analisis jabatan, pelatihan dan pengembangan, kepemimpinan, kepuasan kerja, hubungan industrial dalam psikologi, perilaku berbahaya, aspek psikososial dalam keselamatan kerja.

KMU 1417 Pengendalian Vektor dan Rodent
Pembahasan mengenai pengertian vector dan rodent, jenis vector meliputi spesies nyamuk, spesies kecoak, spesies lalat, spesies kutu , jenis-jenis pinjal; spesies rodent/ tikus;  gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh vector dan rodent; pengendalian vector dan rodent secara fisik, mekanik, kimia dan biologi.

KMU 1418 Pengelolaan Limbah
Pembahasan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan limbah yang meliputi limbah domestik, industri, Rumah Sakit dan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) serta keuntungan dan kerugian dari masing-masing sistem pengelolaan tersebut.

KMU 1419 Analisis Kependudukan
Pengertian dan ruang lingkup analisis kependudukan, teknik analisis fertilitas, teknik analisis mortalitas, tabel kematian (life table), teknik analisis migrasi, penghitungan angka perkawinan, penghitungan angka angkatan kerja, estimasi dan proyeksi penduduk serta indikator dan pengukuran kesejahteraan penduduk.

KMU 1420 Biostatistik  Inferensial   3(30)
Batasan dan pengertian statistik inferensial, estimasi mean dan proporsi, uji hipotesis statistik, uji beda rata-rata hitung, uji beda proporsi, analisis varians satu arah, analisis varians dua arah, korelasi hasil kali momen, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Pengertian, prinsip dan kegunaan statistik non parametrik, aplikasi statistika non parametrik pada penelitian kesehatan, uji statistik non parametrik satu sampel, uji statistik non parametrik dua sampel, uji statistik non parametrik tiga sampel atau lebih, uji beda kategori (chi square, uji peluang pasti dari fisher, uji Mc. Nemar), dan uji regresi logistic.

KMU 1511 Metodologi Penelitian   3(30)
Prinsip dasar metodologi penelitian (fungsi, proses, dan etika penelitian); penelaahan pustaka, perumusan masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian; metode dan macam penelitian, metode sampling, prinsip penulisan laporan penelitian

KMU 1512 Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan   2(20)
Dalam matakuliah ini dibahas tentang teori pendekatan promosi kesehatan PRECEDE PROCEED, Mengulang kembali beberapa teori perilaku dan teori penunjang perilaku, membahas tentang konsep, media dan metode tentang promosi kesehatan, membahas setiap tahapan dalam membuat media prommosi kesehatan mulai dari analisi situasi, diagnosa komunitas, design strategy, perencanaan pengembangan program, implementasi dan evaluasi yang kesemua tahapannya menggunakan pendekatan P-Process serta mengimplementasikan dalam live performance dengan tema permasalahan kesehatanterkini di masyarakat secara umum khususnya masyarakat pertanian, perkebunan dan pantai.

KMU 1513 Epidemiologi Penyakit Tidak Menular   2(20)
Pembahasan mengenai pendekatan epidemiologi penanggulangan penyakit kronis, masalah penyakit kronis,  aspek-aspek pencegahan primer, deteksi dini penyakit, pendekatan epidemiologi dalam fase rehabilitasi, cara penanggulangan penyakit kanker di masyarakat dan epidemiologinya, penyakit kardiovaskuler dan renal, penyakit diabetes, arthritis dan reumatik

KMU 1514 Perecanaan dan Evaluasi Kesehatan    2(20)
Matakuliah ini membahas penerapan manajemen program kesehatan di instansi kesehatan (meliputi perencanaan strategis & operasional, pelaksanaan hingga evaluasi) serta penerapan manajemen program kesehatan di masyarakat (meliputi perencanaan, analisis situasi, identifikasi masalah, penetapan prioritas masalah dan solusi program kesehatan, pelaksanaan hingga evaluasi) sehingga menghasilkan kemampuan dalam merencanakan, mendesain, menganalisa serta mengevaluasi program kesehatan yang akan dilaksanakan baik di tingkat institusi maupun masyarakat.

KMU 1515 Gizi Masyarakat   2(20)
Membahas tentang 5 masalah gizi utama di Indonesia, meliputi KEP, KVA, GAKY, Anemi dan Obesitas serta beberapa masalah gizi yang berhubungan dengan penyakit degeneratif yang saat ini trennya mulai meningkat, meliputi: hipertensi, diabetes millitus, PJK, dan Autisme. Selain itu juga dibahas mengenai sosio budaya gizi, serta keterkaitan gizi dan infeksi.

KMU 1516 Higiene Industri   2(20)
Dibahas tentang konsep higiene industri, pengenalan lingkungan kerja   penilaian lingkungan kerja dan pengendalian bahaya lingkungan kerja, housekeeping, ventilasi industri. Membahas implementasi higiene industri pada beberapa perusahaan.

KMU 1517 K3 Sektor Agroindustri   2(20)
Membahas tentang pelaksanaan K3 di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan,

KMU1518 Higiene Sanitasi Makanan, Minuman & Tempat Umum   2(20)
Pembahasan mengenai persyaratan umum kualitas makanan dan minuman, sebab-sebab umum terjadinya pencemaran terhadap makanan dan minuman, jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh makanan dan minuman, sistem pengendalian pencemaran/pengamanan makanan dan minuman di Indonesia. Pembahasan mengenai syarat sanitasi pemukiman dan perumahan, persyaratan umum sanitasi tempat-tempat umum yang meliputi sanitasi pasar, saniatasi plaza dan departemen store, sanitasi bioskop dan gedung pertunjukan, sanitasi kolam renang, sanitasi diskotik, sanitasi tempat ibadah, sanitasi rumah sakit, dan sanitasi sekolah, serta membahas penyakit yang terkait dengan sanitasi pemukiman dan tempat umum.

KMU 1519 Pengelolaan Sumber  Daya Air    2(20)
Membahas tentang sumber-sumber air, ketersediaan dan kelangkaan air, penggunaan dan penyalahgunaan sumber air, sebab-sebab kerusakan sumber daya air, pengelolaan sumber daya air dengan pendekatan daerah aliran sungai/DAS, Teknologi Tepat Guna dan contoh praktis pengelolaan limbah yang menghasilkan.

KMU 1520 Kajian Kesehatan Masyarakat Pantai dan Perkebunan    2(20)
Pembahasan mengenai pengantar ekologi, ekosistem dan paradigma ekologi dalam hubungannya dengan kesehatan manusia yang masuk dalam lingkup masyarakat perkebunan dan pantai, membahas karakteristik umum masyarakatnya, budaya dan kebiasaan hidup masyarakatnya, dampak yang ditimbulkan akibat dari aktivitas masyarakatnya baik pada lingkungan maupun pada kesehatan manusianya, serta alternatif pemecahan dalam upaya pencegahan dan rehabilitasi/pemulihan lingkungan karena aktifitas manusia di lingkungan perkebunan dan pantai.

KMU 1630 Manajemen Data   2(20)
Manajemen Data Membahas tentang desain dan penyusunan instrumen penelitian, analisis validitas dan reliabilitas, penggunaan EpiInfo untuk menunjang proses input & analisis data di bidang kesehatan, manajemen data sekunder berbasis survey, dan Pengenalan SQL (Structure Query Language) pada basis data elektronik

KMU 1631 Surveillance Kesehatan Masyarakat  2(20)
Batasan dan Konsep Surveilans Kesehatan Masyarakat, Perencanaan dan pelaksanaan surveilans kesehatan masyarakat (pengumpulan, desiminasi), Evaluasi /Penilaian sistem surveilas kesmas, Aplikasi Surveilans kesmas Sosial, perilaku, gizi, K3, kesling, bencana, dan KLB (dasar investigasi KLB).

KMU 1632 Pengembangan & Pengorganisasian Masyarakat   2(20)
Dibahas tentang pengoranisasian dan pengembangan masyarakat (PPM), definisi masyarakat, bentuk-bentuk masyarakat, struktur dan organisasi masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, status peran dan kepemimpinan dalam masyarakat, peran serta masyarakat, pendekatan dalam PPM, peran pengembangan organisasi, peran kemajuan teknologi dalam PPM, peran pendidikan dalam PPM, hakekat pembangunan kesehatan, aspek-aspek kesehatan masyarakat, indikator-faktor yang mempengaruhi kesehatan di pedesaan, indikator kesehatan masyarakat desa dan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat desa.

KMU 1633 Penentuan Status Gizi    3(21)
Membahas tentang metode penentuan status gizi baik secara langsung (metode Antropometri, klinis, biokimia, biofisik) maupun tidak langsung (survei konsumsi, metode statistik vital dan faktor ekologi) sekaligus praktik cara pengukurannya di metode antropometri dan survei konsumsi.

KMU 1634 PBL 1 Kesehatan Masyarakat   3(30)
Melakukan analisis situasi untuk mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat di desa/kelurahan, yang meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan analisa data (identifikasi masalah kesehatan masyarakat); dan mengenal instansi kesehatan maupun instansi non kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat (profil instansi termasuk visi dan misi, program kerja, struktur organisasi, unit-unit pelayanan, pelaksanaan dan evaluasi program)

KMU 1635 Manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas    2(20)
Matakuliah ini membahas konsep rumah sakit dan manajemen rumah sakit, perencanaan rumah sakit, organisasi rumah sakit, sumber daya manusia rumah sakit, pelayanan kesehatan di rumah sakit, sistem evaluasi di rumah sakit, manajemen logistik dan pemasaran rumah sakit, sistem informasi manajemen rumah sakit. Selanjutnya akan dibahas pula konsep dasar Puskesmas, manajemen Puskesmas, sistem akreditasi Puskesmas sebagai FKTP di masyarakat, BLUD Puskesmas serta sistem informasi manajemen Puskesmas.

KMU 1636 Sistem Informasi Manajemen   2(2-0)
Matakuliah ini membahas sistem informasi manajemen, jenis sistem informasi, sumberdaya sistem informasi manajemen, perangkat sistem informasi manajemen, pengadaan sistem informasi, gambaran umum aplikasi sistem informasi manajemen pada organisasi dan instansi pelayanan kesehatan, konsep pengambilan keputusan untuk sistem informasi, nilai informasi bagi pengambilan keputusan, analisis dan perancangan sistem informasi, dan teknik pengambilan keputusan kuantitatif.

KMU 1637 Analisis Kebijakan Kesehatan    2(20)
Matakuliah ini membahas berbagai metode analisis yang digunakan untuk menganalisis kebijakan dalam bidang pembangunan kesehatan masyarakat, meliputi pengertian dan definisi metode analisa kebijakan kesehatan, pengembangan kebijakan kesehatan, konsep analisis kebijakan, analisis kebijakan dalam proses pembuatan kebijakan, proses analisis kebijakan, tantangan dan studi kasus analisis kebijakan, analisis pemangku kebijakan, rekomendasi dan advokasi kebijakan.

KMU 1638 Metode Penelitian Manajemen dan Kebijakan  2(20)
Matakuliah ini membahas tentang berbagai metode penelitian yang digunakan dalam bidang ilmu manajemen/ administrasi dan kebijakan yang digunakan dalam bidang administrasi kesehatan masyarakat, meliputi pengertian metode penelitian, ruang lingkup dan pendekatan penelitian manajemen dan kebijakan (kuantitatif, kualitatif dan research & development), permasalahan penelitian, studi kepustakaan, jenis penelitian, unit analisis penelitian, aspek pengukuran, metode analisis data dan penyusunan proposal penelitian.

KMU 1639 Epidemiologi Penyakit Tropis    2(20)
Penjelasan penyakit tropis pada manusia, masalah kesehatan yang timbul akibat penyakit tropis serta mekanismenya, faktor-faktor yang berpengaruh dan mekanismenya, dan strategi pencegahannya.

KMU 1640 Epidemiologi Penyakit Degeneratif   2(20)
Penjelasan aspek degeneratif pada manusia, masalah kesehatan yang timbul akibat degeneratif serta mekanismenya, faktor-faktor yang berpengaruh dan mekanismenya, dan strategi pencegahannya

KMU 1641 Skrining Kesehatan   2(20)
Pengertian skrining (Definisi, tujuan), Metode skrining, Pengembangan instrumen skrining, Evaluasi skrining dan Modifikasi skrining

KMU 1642 Epidemiologi agriculture   2(20)
Pengertian agriculture, karakteristik masyarakat agraris, potensi dan tantangan kesehatan masyarakat agraris, kerangka konsep kesehatan dan agriculture, kajian masalah kesehatan pada peternakan /perikanan, kajian masalah kesehatan pada pertanian /perkebunan

KMU 1643 Sistem Informasi Kesehatan   2(20)
Mempelajari Konsep SIK, Teknologi Penunjang SIK, Kode & Klasifikasi (ICD, UMLS, SNOMED), SIKNAS, pengenalan Sistem Informasi Geografis.

KMU 1644 Epidemiologi Kesehatan Reproduksi   2(20)
Pembahasan mengenai epidemiologi penyakit pada kesehatan reproduksi kemudian epidemiologi kesehatan anak, kesehatan reproduksi remaja serta pencegahan dan penanggulangan penyakit kesehatan reproduksi.

KMU 1645 Dinamika Kependudukan dan Kebijakan   2(20)
Dinamika Kependudukan dan Kebijakan Kajian kritis isu kependudukan (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) yang terkait dengan dimensi epidemiologi dan penularan penyakit, lingkungan, akses pangan, kemiskinan, dan kesejahteraan

KMU 1646 Epidemiologi dan Surveilens Gizi   2(20)
Membahas tentang konsep epidemiologi gizi (Faktor determinan gizi, riwayat alamiah masalah gizi, serta jenis penelitian gizi) dan konsep surveilens gizi (pengertian, jenis, kegiatan surveilens), SKPG, serta aplikasi sistem surveilens gizi di dinas kesehatan.

KMU 1647 Gizi Daur Hidup   2(20)
Membahas tentang peranan gizi (kebutuhan gizi, pengaruh kekurangan dan kelebihan gizi) pada kelompok golongan umur bayi, balita, Anak Usia Sekolah, remaja, dewasa, lansia, dan kelompok fisiologis khusus ibu hamil dan ibu menyusui, gizi olahragawan/atlet, gizi tenaga kerja.

KMU 1648 Program Gizi dan Evaluasi   2(20)
Membahas tentang ruang lingkup perencanaan dan evaluasi program gizi, aplikasi ilmu gizi dalam kesehatan masyarakat, identifkasi masalah ,penentuan prioritas masalah, penentuan tujuan, model intervensi, perencanaan operasional dan evaluasi. Sebagai muatan tambahan juga membahas tentang analisis SWOT terhadap program gizi yang telah berjalan baik yang dilakukan di dalam negeri dan diluar negeri. Untuk mengetahui aplikasi program gizi diberikan materi tentang pelaksanaan program gizi di dinas kesehatan.

KMU 1649 Amdal dan Kesehatan    2(20)
Pembahasan mengenai peraturan perundangan yang terkait dengan Amdal, prosedur penyusunan Amdal, metodologi identifikasi dan analisis data dalam penyususnan Amdal, Fungsi dari Amdal, Keuntungan dan kelemahan Amdal, keterkaitan kegiatan yang wajib Amdal dan yang tidak wajib Amdal terhadap kualitas lingkungann dan dampaknya terhadap kesehatan manusia.

KMU 1650 Hukum Lingkungan    2(20)
Membahas konsep umum hukum lingkungan, sejarah dan perkembangan hukun lingkungan, perlindungan hukum dalam pengelolaan lingkungan,  penegakan hukum lingkungan, penegakan hukun lingkungan administrasi, penegakan hukum lingkungan perdata, penegakan hukum lingkungan pidana,

KMU 1651 Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan   2(20)
Membahas konsep dasar risiko dan manajemen risiko, konsep dasar risiko kesehatan lingkungan, identifikasi risiko, penilaian risiko, penanganan risiko, pemantauan risiko, evaluasi risiko, kajian dampak kegiatan/usaha terhadap risiko kesehatan lingkungan.

KMU 1652 Kesehatan Lingkungan Institusi   2(20)
Membahas konsep dasar kesehatan lingkungan institusi, kesehatan lingkungan pada tempat-tempat umum, kesehatan lingkungan institusi rumah sakit, kesehatan lingkungan institusi perkantoran. Kesehatan lingkungan institusi pendidikan, kesehatan lingkungan perumahan & pemukiman, kesehatan lingkungan rumah susun & pondok pesantren.

KMU 1653 Tanggap Darurat   2(20)
Pembahasan mengenai prosedur evakuasi dan cara mengatasi keadaan darurat serta cara-cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

KMU 1654 Manajemen Risiko   2(20)
Pembahasan mengenai prinsip prinsip manajemen risiko, teknik dan penerapan unsur-unsur manajemen risiko. Dibahas pula mengenai identifikasi bahaya, analisis probabilitas serta pengkajian risiko keselamatan kerja (safety risk), risiko kesehatan (health risk) dan risiko lingkungan kerja (industrial environmental risk)

KMU 1655 Toksikologi Industri   2(20)
Pembahasan mengenai proses perjalanan racun, dosis dan respon, macam-macam efek toksik berdasarkan jenis sifat fisik dan sifat kimia bahan kimia, karakteristik dan efek bahan kimia golongan logam berat dan gas berbahaya, pestisida, monitoring lingkungan biologis dan usaha preventif dan promotif akibat pajanan bahan kimia

KMU 1656 Kesehatan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja    2(20)
Pembahasan mengenai pilar kesehatan kerja (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif), syarat pelayanan kesehatan kerja, jenis penyakit akibat kerja dan alur pelaporan penyakit akibat kerja.

KMU 1657 Pemasaran Sosial    2(20)
Dibahas tentang pengantar pemasaran sosial, prinsip-prinsip pemasaran sosial, strategi pengembangan pemasaran sosial, perencanaan pemasaran sosial, segmentasi target pasar, strategi pelaksanaan pemasaran sosial, strategi evaluasi dalam pemasaran sosial, indeks tolok ukur (PRISM), pengembangan strategi media pemasaran, strategi desain pesan, studi kasus.

KMU 1658 Metodologi Penelitian Kualitatif    2(20)
Dalam mata kuliah ini akan dibahas mengenai paradigma penelitian kualitatif  (perbedaan kualitatif vs kuanitatif), desain dan ciri penelitian kualitatif,  alasan penggunaan metode kualitatif, pengumpulan data kualitatif (FGD, wawancara mendalam, obeservasi, dokumentasi), analisis data, verifikasi data dan latihan membuat proposaal penelitian dengan pendekatan kualitatif

KMU 1659 Dinamika Kelompok    2(20)
Dibahas tentang pengenalan terhadap dinamika kelompok, Ilmu dinamika kelompok, definisi kelompok,interaksi sosial dan kelompok sosial, kepemimpinan dalam kelompok sosial, pengaruh kelompok sosial, penerapan prinsip dinamika kelompok, komunikasi interpersonal dan dinamika kelompok untuk perubahan dan perubahan sosial,cara terbentuknya kelompok, berbagai bentuk dan macam kelompok yang ada di masyarakat, peran kelompok bagi kesehatan masyarakat.

KMU 1660 Psikologi Kesehatan    2(20)
Dibahas tentang konsep dasar psikologi secara umum, klasifikasi gejala jiwa (kognisi, emosi, kognisi dan campuran), perilaku individu dalam situasi sosial seperti manusia dan lingkungan, persepsi sosial, teori atribusi, interaksi sosial, komunikasi kelompok, kepemimpinan, massa, sikap, pembentukan dan perubahan sikap, pengukuran sikap serta teori perilaku dan perubahan perilaku, penanganan masalah stress dan kesehatan mental, pengembangan kemampuan terhadap masalah psikologi komunitas dan penanganan kebencanaan dari aspek psikologis dan kesehatan mental.

KMU 1730 Pembiayaan dan Penganggaran Kesehatan    2(20)
Matakuliah ini membahas pembiayaan kesehatan sebagai subsistem dari sistem kesehatan dalam penyelesaian masalah kesehatan masyarakat, meliputi konsep pembiayaan kesehatan, sumber pembiayaan kesehatan, macam-macam pembiayaan kesehatan, model sistem pembiayaan kesehatan di berbagai negara serta konsep jaminan kesehatan dan sosial (meliputi kebijakan pembiayaan kesehatan, konsep premi dalam jaminan kesehatan, sistem pembiayaan jaminan kesehatan dan badan penyelenggara jaminan kesehatan). Selain itu dibahas pula konsep anggaran, statistik budget dan proses perencanaan penyusunan anggaran, pendekatan dalam implementasi anggran serta evaluasi anggaran kesehatan.

KMU 1731 Manajemen Bencana Berbasis Kesmas    2(20)
Pengertian bencana (Definisi, jenis, karakteristik, siklus), mitigasi bencana, kerawanan pangan dan gizi, potensi dan rencana kontigensi, penanggulangan bencana berbasis masyarakat, metode rapid health assessment, penanganan pangan dan gizi korban bencana, penanganan hygiene dan sanitasi korban bencana, pembiayaan penanggulangan bencana, prinsip recovery, PTSD dan pendampingan korban bencana

KMU 1732 Kajian Strategis  Kesehatan Masyarakat Global    2(20)
Mata kuliah ini membahas masalah kesehatan masyarakat global dan rencana strategis dalam penyelesaian masalahnya.

KMU 1733 PBL 2 Kesehatan Masyarakat
Melakukan pembuatan perencanaan, intervensi dan evaluasi program kesehatan. Perencanaan kesehatan meliputi menetapkan masalah kesehatan masyarakat dan penyebabnya, menentukan prioritas masalah, dan membuat perencanaan program (menetapkan program, tujuan umum dan khusus, sasaran, rencana kegiatan, rencana pelaksanaan, dan kriteria evaluasi). Intervensi meliputi pelaksanaan program, koordinasi dan supervisi dalam pelaksanaan program. Evaluasi meliputi evaluasi proses dan evaluasi akhir.

KMU 1734 Manajemen Sumber Daya Manusia bidang Kesehatan    2(20)
Matakuliah ini membahas konsep manajemen SDM, job analysis, perencanaan strategis SDM (meliputi analisis kebutuhan dan persediaan SDM), perekrutan SDM, seleksi SDM, penempatan SDM, orientasi, penilaian prestasi kerja SDM, pelatihan dan pengembangan SDM, kompensasi dan remunerasi SDM, promosi, mutasi, terminasi SDM dan sistem informasi manajemen SDM.

KMU 1735 Manajemen Keuangan Rumah Sakit    2(20)
Matakuliah ini membahas konsep dasar dan teknik analisis keuangan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan di rumah sakit, meliputi: konsep manajemen keuangan rumah sakit, akuntansi keuangan rumah sakit (akuntansi keuangan, laporan keuangan, analisis laporan keuangan), akuntansi manajemen (biaya, analisis biaya, tarif dan pengganggaran), investasi rumah sakit, sistem informasi keuangan rumah sakit, audit keuangan, manajemen modal kerja, dan manajemen piutang.

KMU 1736 Manajemen Mutu    2(20)
Matakuliah ini membahas konsep manajemen mutu dan perkembangannya pada pelayanan kesehatan serta aplikasi manajemen kendali mutu dalam berbagai bentuk pelayanan kesehatan (meliputi konsep mutu, mutu pelayanan kesehatan, manajemen mutu, service quality dan service execellence, quality assurance, total quality management, benchmarking, gugus kendali mutu, sertifikasi, akreditasi dan customer relationship management).

KMU 1737 Epidemiologi HIV dan AIDs
Mata kuliah ini membahas tentang epiodemiologi HIV dan AIDs, penyebabnya, angka kejadiannya dan distribusi persebarannya.

KMU 1738 Epidemiologi PJPD, Penyakit Endokrin dan Metabolik
Mata kuliah ini membahas tentang epidemiologi PJPD, Penyakit Endokrin dan Metabolik.

KMU 1739 Riset Epidemiologi
Batasan dan Konsep riset epidemiologi (jenis, tujuan, unit analisis), perumusan masalah kesehatan dan pertanyaan penelitian, Variabel penelitian epidemiologi, Bias dan Confounding, Desain Penelitian, Desain sampling, Kesalahan metodologis dan contoh-contoh riset epidemiologi

KMU 1740 Aplikasi Komputer   2(20)
Pengenalan analisis data berbasis R statistik, Manajemen data EpiInfo tingkat lanjut, Penggunaan GIS di bidang kesehatan (berbasis desktop, android, dan berbasis online), Penggunaan Structure Query Language pada data elektronik

KMU 1741 Analisis Multivariat   2(20)
Mempelajari mengenai metode statistika yang digunakan untuk menganalisis data yang terdiri atas banyak variabel, dimana antar variabel diduga saling berhubungan. Pada mata kuliah ini juga akan dipelajari mengenai konsep dependence maupun interdependence. Dalam aplikasinya mata kuliah ini juga didukung dengan penggunaan piranti lunak, terutama R

KMU 1742 Disain Penelitian Kesehatan dan Kependudukan   2(20)
Prinsip penelitian kesehatan, jenis penelitian kesehatan (observasional dan eksperimental), estimasi besar sampel, teknik pengambilan sampel, instrumen pengumpulan data, pengolahan dan penyajian hasil penelitian.

KMU 1743 Manajemen KIA dan Kesehatan Reproduksi   2(20)
Konsep dan ruang lingkup kesehatan reproduksi, peran ICPD Kairo 1994 dalam kebijakan kesehatan reproduksi, pengertian dan ruang lingkup safe motherhood dan making pregnancy safer, strategi kelangsungan hidup anak, keluarga berencana, aspek kesehatan reproduksi remaja, pencegahan dan penanggulangan Penyakit Menular Seksual (PMS).

KMU 1744 Manajemen Gizi Institusi   2(20)
Membahas tentang penyelenggaraan makan untuk institusi (RS, Sekolah, Pondok Pesantren, Panti Asuhan/Jompo) serta penyelenggaraan komersil (katering diit/restoran) yang diperkuat dengan proses observasi di institusi yang terkait.

KMU 1745 Komunikasi, Informasi dan Edukasi Gizi   2(20)
Membahas tentang strategi, tehnik/metode dan media yang tepat untuk komunikasi masyarakat sehingga penyampaian informasi dalam rangka edukasi gizi berhasil. Selain itu juga membahas tentang tehnik konseling baik individu maupun kelompok dengan diperkuat praktik di masyarakat secara lansung.

KMU 1746 Dietetik   2(20)
Membahas tentang prinsip-prinsip diit untuk perencanaan dan penyiapan makanan seimbang meliputi diit tinggi energi tinggi protein, diit rendah energi, diit rendah garam, diit diabetes mellitus, diit gout, diit olahragawan dan nakerwan.

KMU 1747 Toksikologi Kesehatan Lingkungan    2(20)
Membahas tentang sifat dan dosis racun yang ada di lingkungan, baik dari industri, rumah tangga, ataupun institusi yang dapat mempengaruhi lingkungan dan kesehatan manusia, serta membahas tata cara pengelolaannya, membahas toksikologi air, toksikologi udara, toksikologi tanah, toksikologi makanan dan toksikologi mikrobiologi.

KMU 1748 Telaah Kritis dan Seminar Kesehatan Lingkungan    2(20)
Membahas kajian kesehatan lingkungan baik lokal maupun global, metode penemuan suatu masalah kesehatan lingkungan, desain penelitian kesehatan lingkungan, telaah kritis suatu karya ilmiah, tatacara penulisan ilmiah,  dan teoritical mapping (pemetaan teori) kesehatan lingkungan.

KMU 1749 Epidemiologi Lingkungan    2(20)
Membahas konsep dasar epidemiologi lingkungan, fefinisi epidemiologi lingkungan, kontribusi epidemiologi pada kesehatan lingkungan, sejarah epidemiologi lingkungan,  strategi epidemiologi lingkungan, kausalitas studi epidemiologi lingkungan,  bias dalam studi epidemiologi lingkungan, pembatasan dan kekurangan epidemiologi lingkungan

KMU 1750 Seminar K3    2(20)
Pembahasan mengenai ruang lingkup dan teknik penelitian dan penyusunan skripsi K3, meliputi teknik pemilihan topik skripsi/ judul, tinjauan kepustakaan (mapping dan critical analysis), metodologi, desain penelitian, termasuk juga pengambilan sampel pada lingkungan kerja.

KMU 1751 Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja    2(20)
Pembahasan mengenai sistem manajemen K3, sistem manajemen K3 OHSAS, kebijakan K3, perencanaan SMK3, pemeriksaan, penyelidikan insiden, ketidaksesuaian dan langkah, pengendalian tekanan, internal audit dan tinjauan manajemen K3, roadmap implementasi

KMU 1752 Implementasi K3 di Beberapa Sektor    2(20)
Pembahasan mengenai upaya-upaya penerapan dan model pengembangan K3 di sektor informal serta berbagai kendala yang dihadapinya.

KMU 1753 Teknologi Pengembangan Media    2(20)
Dalam mata kuliah ini dibahaskan mengenai teknologi komunikasi dan berbagai macam media dalam promosi kesehatan, unsur  nirmana dalam media, aspek tipografi dan ilustrasi, media flipchart, leaflet,   Poster dan pengenalan berbagai macam Gimmick, serta aspek visual pada desain publikasi, naskah foto, naskah audio, naskah audio visual serta naskah media lainnya. Output dalam mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat serta mempresentasikan secara konsep pemasaran sosial hasil media berdasarkan materi yang telah diajarkan.

KMU 1754 Isu-isu Strategis Bidang Promosi Kesehatan dan Perilaku    2(20)
Dibahas mengenai isu-isu mutakhir bidang promosi kesehatan dan perilaku kesehatan, cara menganalisis hasil penelitian bidang promosi kesehatan dengan output berbentuk critical appraisal dan mempresentasikannya dalam forum ilmiah.

KMU 1755 Komunikasi Interpersonal Bidang Kesehatan    2(20)
Dibahas mengenai lanjutan pengembangan keterampilan berkomunikasi antar individu dengan individu serta kelompok, mengembangkan keterampilan verbal dan non verbal, pengembangan keterampilan komunikasi asertif, keterampilan supervisi individu, presentasi dan public speaking, keterampilan mendengar, bertanya dan tehnik melakukan konseling kesehatan.

KMU 1803 Magang    3(03)
Magang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan belajar sambil bekerja di instansi, organisasi atau kelompok masyarakat dengan bimbingan oleh tenaga akademik sesuai dengan bidangnya sesuai dengan tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan: Memperoleh pengalaman di dunia kerja dalam rangka memperkaya pengetahuan, sikap dan ketrampilan bidang S1 Kesehatan Masyarakat, serta melatih kemampuan bekerja sama dengan orang lain dalam satu tim.

KMU 1804 Skripsi    4(04)
Dibahas tentang pengenalan secara mandiri berbagai informasi ilmiah di bidang kesehatan yang diminati, aspek atau masalah pendekatan kesehatan masyarakat secara mendalam, penyusunan tulisan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku.