E-Vote Pemilihan Ketua-Wakil Ketua BEM FKM UNEJ

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Pengumuman

Setelah selesai menggelar Pemilihan anggota Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) pada tanggal 1 Desember 2016 lalu, kini Komisi Pemilihan Umum Raya Mahasiswa (Pemira) FKM punya satu tugas lain, yakni: Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM Universitas Jember periode 2017/2018. Rangkaian pemilihan Ketua-Wakil Ketua BEMF telah dimulai sejak 30 November 2016 lalu. Pada hari tersebut kandidat Ketua-Wakil Ketua BEMF melakukan kampanye sekaligus debat kandidat di aula FKM Universitas Jember.

Pada pemilihan Ketua-Wakil Ketua BEMF periode ini terdapat dua kandidat Ketua-Wakil Ketua BEMF. Kandidat pertama adalah Rizky Akbarul Kurnia. Mahasiswa angkatan 2014 ini mengusung visi “OPITIMALISASI INTERNAL &  EKSTERNAL YANG KOKOH UNTUK MEWUJUDKAN BEM FKM UNEJ SEBAGAI ORGANISASI YANG BERKUALITAS DAN PROFESIONAL GUNA MENCIPTAKAN IMAKESMA SATU FKM MAJU.” Pada periode BEM FKM sebelumnya Rizki menjabat sebagai staf Departemen Dalam Negeri. Posisi terakhir di kepengurusan BEMF adalah sebagai Ketua Panitia P2Maba FKM 2016. Pada kesempatan pilihan Ketua-Wakil Ketua BEMF periode ini, Rizki menggandeng Alya Fauziyah sebagai calon Wakil Ketua Umum BEM FKM Universitas Jember periode 2016/2017.

Kandidat kedua adalah Mya Sakti Oktarini Putri, mahasiswa semester V (Lima) ini sebelumnya merupakan Wakil Ketua BEM FKM mendampingi Ian Fandi Priatna. Pada periode ini, Mya mencalonkan diri sebagai Ketua BEMF dengan menggandeng Afan Wydyarto. Kedua pasangan kandidat Ketua-Wakil Ketua BEMF ini membangun program kerja dengan visi “MEWUJUDKAN BEM FKM UNEJ 2017 SEBAGAI ORGANISASI YANG MEWADAHI DAN MENDORONG TERCIPTANYA KONTRIBUSI SERTA KOLABORASI MAHASISWA FKM SECARA SINERGIS DAN PARTISIPATIF”. Mya adalah mahasiswi yang memiliki banyak pengalaman organisasi, tercatat ia pernah menjadi pengurus OSIS di SMP dan dan SMA tempatnya menuntut ilmu. Sedangkan saat berkuliah, selain sebagai pengurus BEM, Mya juga aktif di UKM Komplids dan Paduan Suara. Sementara Afan Wydyarto lebih dikenal sebagi pesebakbola handal. Tercatat ia pernah mengantarkan tim futsal FKM Unej sebagai Juara I Turnamen futsal Se Besuki Raya “Sisfo Cup 2016” dan mengambil peran bersama tim dalam meraih Juara I Sepak bola Rektor Cup 2016.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemilihan Ketua –Wakil Ketua BEMF ini tidak dilakukan secara manual dengan mencoblos surat suara. Pemilihan tahun ini dilakukan secara e-vote, dimana mahasiswa FKM sebagai pemilik suara bisa memilih Kandidat Ketua BEMF melalui akun sister masing-masing. 1100 mahasiswa pemilik suara dapat memilih Ketua BEMF dapat memilih secara online dimanapun mereka berada. Biodata, Visi, Misi dan Program Kerja kedua kandidat Ketua BEMF dapat diakses di sister.

E-vote Pemilihan BEMF dilakukan serentak di 12 fakultas lingkungan Universitas Jember pada  tanggal 13-15 Desember 2016. Guna men-support kegiatan ini, Komisi Pemira FKM berencana membangun TPS online. Menurut Ketua Komisi Pemira, Keke Rizki Rahayu Pertiwi, TPS online tersebut akan memanfaatkan salah satu ruangan di FKM. Di ruangan tersebut, Komisi Pemira akan menyediakan sejumlah perangkat (laptop dll) agar mahasiswa dapat melakukan e-vote memilih ketua BEMF dengan memanfaatkan jaringan hotspot kampus.(ag)

%d bloggers like this: