FKM Goes to School: Gemintang Sehati

Berita Kegiatan Webinar

Webinar FKM Goes to School merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dibawah koordinasi Direktorat Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan FKM UNEJ kepada pelajar SMA, memperkaya wawasan pelajar SMA mengenai hal-hal terkait seleksi masuk perguruan tinggi dan kehidupan kampus, memberikan motivasi kepada pelajar SMA untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi sehingga meningkatkan minat pelajar SMA untuk masuk berkuliah di FKM UNEJ. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan promosi tahunan rutin FKM UNEJ untuk memperkenalkan FKM UNEJ pada pelajar SMA di wilayah Kabupaten Jember khususnya, hingga pelajar di seluruh Indonesia. Langkah awal kegiatan ini akan dilaksanakan di 4 SMA di Kabupaten Jember, yaitu SMAN 1 Jember, SMAN 2 Jember, SMAN 3 Jember dan SMAN 4 Jember.

Kegiatan promosi dan branding Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember khususnya kepada calon mahasiswa, yaitu pelajar SMA sangat diperlukan untuk memenuhi gap informasi pelajar tentang FKM UNEJ serta meningkatkan daya tarik FKM UNEJ khususnya bagi pelajar di wilayah Kabupaten Jember. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dan dibutuhkan para pelajar tentang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember secara interaktif. Kegiatan promosi yang dikemas dalam kegiatan Webinar ini tidak hanya menjelaskan tentang Profil FKM UNEJ dan peluang kerja lulusan FKM UNEJ. Tetapi juga memberikan kemanfaatan lebih bagi siswa/siswi SMA melalui edukasi kesehatan interaktif.

Paparan edukasi kesehatan disajikan oleh Dosen FKM UNEJ sesuai dengan issue kesehatan yang masih relevan untuk sasaran remaja. Issue yang diangkat dalam kegiatan ini meliputi kesehatan reproduksi dan kesehatan remaja, diet plastik untuk lingkungan lebih sehat serta edukasi tentang screen time sehat di masa pembelajaran daring.  Selanjutnya, peserta webinar juga akan mendapatkan testimoni langsung dari alumni FKM UNEJ yang telah sukses dan behasil dalam karirnya dan mengemban amanah sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat. Sharing dan testimoni dari alumni tekait keunggulan lulusan FKM dan pengalaman kuliah di FKM tentunya akan memberikan gambaran nyata bagi para pelajar tingkat SMA. Selanjutnya, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya terkait apa saja yang ingin mereka ketahui tentang berkuliah di FKM UNEJ, serta dimana saja peluang lulusan FKM UNEJ dapat bekerja. Para pelajar atau calon mahasiswa diharapkan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tentang keunggulan berkuliah di FKM UNEJ serta peluang kerja sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang sukses, yang berkontribusi dalam pembangunan kesehatan bangsa Indonesia.