Forum Ilmiah : Peran Nanoteknologi untuk Pangan dan Gizi, Sekarang dan yang akan Datang

Berita Kegiatan

Nanoteknologi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan nilai gizi pada pangan. Harapannya bisa meningkatkan kualitas pangan yang dikonsumsi masyarakat sehingga juga berperan dalam peningkatan status gizi masyarakat. Pada aspek produksi on farm, nanoteknologi dapat diaplikasikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan input produksi dalam mendongkrak produktifitas hasil pertanian. Nano teknologi dapat diaplikasikan pada penanganan segar, pengolahan dan pengawetan dan peningkatan fungsional pangan. Misalnya nano coating untuk mempertahankan mutu dan umur simpan buah.

Salah satu kegiatan ilmiah yang dilaksanakan dilingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM Unej) ialah Forum Ilmiah. Forum Ilmiah pada tahun ini diselenggarakan dengan tema “Peran Nanoteknologi Untuk Pangan Dan Gizi, Sekarang Dan yang akan datang”. Kegiatan dilaksanakan pada 19 Maret 2019 mulai pukul 09.00 hingga selesai. Dengan tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada dosen dan mahasiswa tentang nanoteknologi dan peranannya untuk pangan dan gizi, sekarang dan yang akan datang, FKM Unej mengundang salah satu pakar nanoteknologi nasional yaitu Prof. Dr. Heni Rachmawati, Apt., M.Si.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa dilingkungan FKM Unej. Selama mengikuti kegiatan, peserta diharapkan akan mendapatkan pemahaman yang benar tentang Nanoteknologi dan perannya dalam pangan dan gizi sehingga dapat mengikuti keberlanjutannya dimasa yang akan datang. Terlihat jelas antusias peserta dalam merespon narasumber dengan memberikan pertanyaan maupun pernyataan tentang perkembangan nanoteknologi selama sesi diskusi berlangsung.