Jalan Sehat Peringatan Dies Ke-14 FKM Unej

Berita Kegiatan Kemahasiswaan
dies natalis fkm unej

Ratusan peserta memadati lapangan parkir  Gedung Sutarjo Universitas Jember pada hari minggu 23 Oktober 2016. Pada pagi yang cerah tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember menggelar peringatan Dies Natalies ke -14 FKM Universitas Jember sekaligus pembukaan Bulan Kesehatan Jember 2016. Agenda peringatan dies natalis kali ini dikemas dalam suasana santai berupa kegiatan senam pagi dan jalan sehat. Unsur pimpinan FKM menunujukan kekompakannya dengan turut hadir secara lengkap pada acara tersebut, mulai dari Dekan dan tiga Pembantu Dekan serta Kabag Tata Usaha dengan tiga Kasubbag.

Exif_JPEG_420

Acara pagi itu dimulai dengan  senam aerobic bersama. Dipandu seorang instruktur senam profesional, agenda senam pagi berlangsung seru. Belum kering peluh di badan, acara dilanjutkan jalan sehat mengelilingi lingkungan kampus Universitas Jember. Selain senam pagi dan jalan sehat, kegiatan dies natalis juga dimeriahkan dengan kegiatan donor darah yang di dukung oleh PMI cabang Jember. Selain itu beberapa mahasiswa alih jenis juga memberikan layanan cek kandungan gula darah. Mahasiswa alih jenis FKM Universitas Jember memiliki kompetensi melakukan pemeriksaan kesehatan ini karena umumnya mereka lulusan program diploma kesehatan (Keperawatan, Kebidanan, K3 dan kesehatan lingkungan) yang melanjutkan studi ke program strata satu Kesehatan Masyarakat.

Exif_JPEG_420

Selain sebagai peringatan dies FKM yang ke-14, acara hari itu juga merupakan kegiatan pembukaan Bulan Kesehatan Jember (BKJ) 2016. BKJ merupakan keguiatan rutin tahunan yang digelar organisasi kemahasiswaan (BEM dan UKM) di lingkungan FKM Universitas Jember dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 Nopember. BKJ tahun ini akan dihelat sepanjang bulan oktober hingga november dan akan berakhir pada 1 Desember 2016.

10 kegiatan digelar oleh 9 ormawa FKM Universitas Jember, meliputi : Turnamen futsal Tingkat SMA se eks karisidenan Besuki yang digelar UKM Olah Raga “Arkesma”, Seminar Sekolah Adiwiyata oleh UKM Pecinta Alam “Mapakesma”, Lomba Iklan layanan masyarakat oleh UKM Pers Mahasiswa “Sinvesta. Kemudian Choral Clinic oleh UKM Paduan Suara Mahasiswa “Gita Pusaka”, Lomba Perkusi oleh UKM Seni “Ph 9”, serta Lomba Debat tema AIDS tingkat SMA yang digelar oleh UKM Komunitas Peduli AIDS “Komplids”. Selanjutnya ada LKTI dan Essay nasional yang digelar UKM Penalaran “Lentera”, Talk Show Islam oleh UKM Kerohanian Islam “Ash Shihah”, Seminar Nasional keprofesian SKM oleh BEM. Agenda BKJ 2016 akan berakhir pada 1 Desember 2016 bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Internasional. Kesemua acara ini digelar mahasiswa FKM Universitas Jember sebagai bagian upaya promosi kesehatan dalam bentuk yang dinamis.(ag)

%d bloggers like this: