Klinik Publikasi Ilmiah: Akselerasi Publikasi Ilmiah International Melalui Coaching Clinic

Berita Kegiatan Publikasi

Tenaga pendidik (dosen) di perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk dapat memberikan kontribusi dalam hal pendidikan, pengabdian kepada masyarakat hingga penelitian. Diantara ketiga kontribusi tersebut, penelitian merupakan kontribusi yang selalu digunakan sebagai tolak ukur kedalaman keilmuan dari seorang dosen. Oleh karenanya tak heran apabila terjadi kompitisi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah. Namun tak jarang hasil penelitian yang baik tidak dapat terbit pada penerbit yang bereputasi secara nasional dan internasional. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam mengemas hasil penelitian sesuai dengan gaya-gaya (styles) penerbit jurnal bereputasi. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas dan peluang diterimanya hasil penelitian pada penerbit publikasi ilmiah seperti dengan menyelenggarakan workshop, kuliah tamu, pelatihan penulisian, dan metode-metode pelatihan lainnya.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah bagi seluruh tenaga pendidik, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM Unej) menyelenggarakan Klinik Publikasi Ilmiah dengan mengundang Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D. sebagai narasumber utama. Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan dan Akselerasi kompetensi dosen FKM Unej dalam menulis artikel melalui Klinik Publikasi Ilmiah Internasional tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 29-30 Agustus 2018. Selaku narasumber, Prof Ari berbagi banyak pengalamannya dalam menulis artikel ilmiah yang dapat diterima oleh jurnal terakreditasi internasional (dalam hal ini ialah Scopus). Tak hanya itu, beberapa tenaga pendidik yang telah menyiapkan naskah terbaiknya mendapatkan bimbingan langsung agar dapat meningkatkan peluang penerimaan naskah pada jurnal terakreditasi internasional.

Seluruh dosen yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan wawasan baru tentang kiat-kiat dalam bersaing dalam publikasi ilmiah di tingkat internasional. Harapan dari terlaksananya kegiatan ini ialah agar dapat meningkatkan semangat dosen dan kualitas publikasi ilmiahnya agar dapat diterbitkan di jurnal internasional yang telah bereputasi (terindeks Scopus).