Kuliah Umum : Investigation Outbreak

Berita Kegiatan

Outbreak adalah peningkatan insidensi kasus yang melebihi ekspektasi normal secara mendadak pada suatu komunitas, di suatu tempat terbatas, misalnya desa, kecamatan, kota, atau institusi yang tertutup (misalnya sekolah, tempat kerja, atau pesantren) pada suatu periode waktu tertentu. Hakikatnya outbreak sama dengan epidemi (wabah). Kegiatan investigasi outbreak sangat dibutuhkan untuk melihat besaran masalah dan mendapatkan informasi tentang perjalanan penyakit dan memperkirakan periode penularan serta mengetahui pola kejadian penyakit.

Seorang Sarjana kesehatan masyarakat dituntut mempunyai kompetensi mampu menganalisis masalah kesehatan masyarakat. Dengan bekal pengetahuan tentang investigation outbreak diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk dapat melakukan analisis masalah kesehatan. Oleh karena itu FKM Unej mengadakan kegiatan Kuliah umum dengan tema “Investigation Outbreak” pada tanggal 29 November 2018. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Phillipp du Cros MBBS M.Clin.Epid dari Burnet Institute –Australia sebagai narasumber utama.

Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dilingkungan FKM Unej. Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta memperhatikan pemaparan yang disampaikan oleh Prof Phillipp dengan hikmat. Sesi diskusi yang interaktif menunjukkan bahwa peserta antusias dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Tujuan dari kegiatan ini ialah agar mahasiswa dapat melengkapi pengetahuan tentang epidemiologi yang telah didapatkan dalam perkuliahan khususnya tentang investigation outbreak.