Mahasiswa FKM di Sesi Primary Health Care – ICOPH 2019, Kuala Lumpur

Berita

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, Eryka Maryta Videricka mengikuti ajang International Conference of Public Health yang ke-lima diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Tahun ini acara tersebut diikuti oleh 200 lebih peserta yang berasal dari 35 negara yang berbeda. Dari tahun ke tahun acara ini menjadi acara yang paling dinantikan oleh akademisi ataupun praktisi di bidang kesehatan. Tidak hanya membangun networking antar peserta tetapi juga memberikan kesempatan publikasi internasional atas penelitian yang terpilih.

icoph 2019 primary health care

Eryka mempresentasikan tentang promosi kesehatan di sekolah, ia meyakini bahwa sekolah adalah media yang efektif untuk membangun kesadaran tentang kesehatan kepada anak-anak. Tidak hanya itu, promosi kesehatan di sekolah juga dapat menjadi peluang baru terbukanya lapangan kerja bagi profesi kesehatan masyarakat untuk mengajar di sekolah. Penelitiannya yang berjudul “Health Promotion in School as a Foundation of Health Generation” berhasil membawanya untuk mengikuti ICOPH 2019.

icoph 2019 eryka

ICOPH membagi seluruh peserta terbagi menjadi dua kategori yaitu Student dan Delegate. Untuk penelitian setiap peserta dibagi menjadi beberapa sesi sesuai dengan tema penelitian. Penelitian Eryka sebagai Student termasuk dalam sesi Primary health Care. Dalam sesi Primary Health Care terdapat 5 peserta yang berasal dari Jepang, India, Indonesia, Inggris, dan Malaysia. Eryka menjadi peserta termuda sebagai undergraduate student. Rata-rata peserta pada sesi ini adalah siswa untuk melanjutkan studi S2 ataupun S3. Tidak gentar mencoba mempresentasikan hasil penelitian di depan para student dan delegate yang lebih profesional, Eryka berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya dengan baik. Melihat antusiasme yang tinggi untuk acara ini, maka pada tahun 2020 ICOPH akan digelar di Singapura.