Mahasiswa FKM Menjuarai MTQM UNEJ

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Kompetisi

MTQM adalah ajang prestatif bagi mahasiswa pecinta alqur’an. Event ini melombakan sejumlah cabang, seperti Tartil qur’an, Tilawatil qur’an, Hifzhil qur’an Khattil qur’an (Kaligrafi) hingga Karya Tulis Ilmiah Alqur’an. Perlombaan bidang qur’an antar mahasiswa ini diharapakan dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah serta melestarikan seni dan budaya Qur’ani.

Kegiatan ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat universitas hingga pelaksanaan MTQ Mahasiswa tingkat Nasional. Guna menyiapkan kafilah Universitas Jember pada MTQM 2017 maka digelar MTQM tingkat Universitas Jember yang dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober – 2 November 2016 di Masjid Kampus Al Hikmah Universitas Jember. Seperti tahun-tahun sebelumya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam LDK dipercaya menjadi pelaksana kegatan MTQM. Rektor Universitas Jember pada sambutan pembukaan MTQM Universitas Jember 2016 mengapresiasi agenda rutin dua tahunan ini, apalagi jumlah pesertanya meningkat dua kali lipat. “Semoga kegiatan MTQM menjadi sarana bagi kita semua, segenap Muslimin di Kampus Tegalboto untuk belajar dan mengaplikasikan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Moh. Hasan.

UKM Ash Shihah selaku Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember turut berpartisipasi pada MTQM Unej 2016 ini. Ash Shihah mengkordinir mahasiswa FKM yang memiliki minat dan kemampuan bidang alqur’an. Selanjutnya diadakan pembinaan singkat dibawah asuhan Ust. As’ad Daroini. Ustadz As’ad merupakan anggota delegasi Indonesia pada Mutsabaqoh Hifzhil Qur’an Internasional pada tahun 2012 di Arab Saudi. Tercatat 26 mahasiswa berminat menjadi bagian kafilah FKM pada MTQM Unej 2016. Ke-26 mahasiswa tersebut mewakili cabang Tilawah qur’an tiga mahasiswa, Tartil qur’an sebelas mahasiswa, Hifzhil qur’an tiga mahasiswa, Khattil qur’an dua mahasiswa, serta enam mahasiswa berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Alqur’an yang terbagi dalam dua tim KTI.

mtq-m

Setelah berlomba selama tiga hari, alhamdulillah kafilah FKM berhasil menggondol dua gelar juara melalui Fajril Falach angkatan 2016 sebagai Juara I Tilawatil Qur’an serta trio mahasiswi Rofiqoh Noer, Tutut Sayidatul Kautsar dan Fitria Khusnul Fadila sebagai Juara I KTI Alqur’an. Para pemenang ini selanjutnya akan mengikuti pembinaan di tingkat Universitas sebagai persiapan MTQM Nasional 2017. Diharapkan mahasiswa/wi FKM ini dapat mengharumkan nama Universitas Jember di ajang tingkat Nasional. Dan yang lebih penting tetap istiqomah membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

%d bloggers like this: