Mahasiswa FKM UNEJ Perkenalkan Ekowisata Tubing Desa Sumberkejayan

Berita Kegiatan Kemahasiswaan
ekowisata tubing mayang

Peresmian ekowisata tubing berbasis masyarakat telah dilaksanakan oleh Camat Mayang. Pada peresmian tersebut camat didampingi oleh muspika dan segenap perangkat serta warga Desa Sumberkejayan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember. Ekowisata tubing ini selanjutnya dikelola oleh Posdaya dan Karang Taruna Desa Sumberkejayan.

Ide ekowisata ini bermula saat trio mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (Anggi Aditama, Widya Nindy Nastiti, dan Siti Lailatus Sa’diyah) melihat sungai yang tidak terawat dengan banyak sampah yang mencemari sepanjang aliran sungai, ditambah lagi dengan pemandangan banyaknya warga yang menggunakan air sungai untuk kegiatan sehari-harinya baik untuk mandi, cuci baju dan buang air besar. Kondisi ini membuat ketiga mahasiswa tersebut berpikir cara merubah perilaku masyarakat setempat agar merubah perilaku hidupnya menjadi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat sehingga senantiasa menjaga lingkungan. Akhirnya tercetuslah sebuah ide dalam sebuah proposal kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKMM) dengan judul “Komunitas Peduli Sungai Bersih dan Indah (KOMPASSIANA) sebagai pengembangan ekowisata berbasis pos daya di Desa Sumberkejayan.”

mufleh-3

Dibawah bimbingan dosen Bagian Kesehatan Lingkungan FKM, Ibu Prehatin Trirahayuningrum, S.KM., M.Kes, ketiga mahasiswa tersebut mencoba mematangkan konsepnya. Konsep dasar dari kegiatan ini adalah membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar pada satu sisi dan menjaga  kelestarian serta kebersihan sungai pada sisi yang lain. Maka kemudian timbullah ide ekowisata bodyrafting yang memanfaatkan aliran air sungai yang ada di Desa Sumberkejayan.

Ide ini ternyata menarik perhatian Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Jember, sehingga proposal ketiga mahasiswa FKM ini mendapat dukungan dari LPM sebagai salah satu proposal yang mendapatkan Hibah Pengabdian dalam Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Karya Unggul Mahasiswa di Bidang Pengabdian dan Wirausaha bagi Mahasiswa Tahun 2016.

tim

Selanjutnya proposal program ekowisata ini direalisaikan di lapangan. Kegiatan diawali pada tanggal 06 Oktober 2016 dengan agenda konsolidasi dan forum group discussion yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat desa. Kegiatan berjalan hingga pada puncaknya yaitu peresmian dan pembukaan ekowisata tubing yang berlokasi di Desa Sumberkejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Hingga saat ini, ekowisata tersebut dapat menjadi mata pencaharian bagi warga setempat. Setidaknya tiga puluh orang dari berbagai pihak, mulai pemuda desa hingga pengangguran dapat turut serta mengelola dan mengembangkan ekowisata ini. (nindy.nastiti)

%d bloggers like this: