FKM Universitas Jember » UKM Pecinta Alam “Mapakesma”

UKM Pecinta Alam “Mapakesma”

Profil UKM Mapakesma

Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat dengan UKM MAPAKESMA berdiri pada tanggal 6 mei 2003 berkedudukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. UKM MAPAKESMA didirikan berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 dan berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia serta berazaskan kekeluargaan. UKM MAPAKESMA  FKM UNEJ berstatus independen sebagai bagian Ikatan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat dengan IMAKESMA dan berada dibawah naungan BEM FKM UNEJ. UKM MAPAKESMA bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai penerus perjuangan bangsa dengan membina mahasiswa agar terbentuk kedisiplinan, rasa persaudaraan, loyalitas, jiwa korsa dan dedikasi yang tinggi sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa melalui organisasi yang berorientasi pada kepedulian lingkungan dan berkontribusi pada kegiatan kemanusiaan dengan tidak mengabaikan norma-norma yang berlaku di masyarakat. UKM MAPAKESMA terbuka bagi semua mahasiswa FKM UNEJ dan tertutup (bukan merupakan organisasi ekstra kampus, organisasi masyarakat, maupun organisasi politik manapun).

PRESS RELEASE KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LANJUTAN ANGGOTA MUDA KE-17 DIVISI GUNUNG HUTAN

Kegiatan DIKLAT Lanjutan merupakan upaya pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya lingkungan, rasa memiliki terhadap lingkungan, serta menghargai lingkungan yang selama ini telah berkontribusi banyak bagi kehidupan namun masih terabaikan. Menyadarkan tentang pentingnya usaha-usaha perlindungan untuk mempertahankan eksistensi kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem. Maka dari itu diadakannya kegiatan Pendidikan dan Latihan Lanjutan dengan tema “Bersama Alam, Taklukkan Ragu, Tangguhkan Rasa”.

Kegiatan DIKLAT Lanjutan kali ini dilaksanakan oleh 4 Anggota Muda yang merupakan peserta dari Pendidikan Dan Pelatihan Lanjutan MAPAKESMA Ke-17 Divisi Gunung Hutan yaitu, Andriani Metasari br Limbong, Hanida Hanis Hanifa, Ismi Riri Trianti, dan Arni Novianti. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan pemahaman Anggota Muda terhadap kelimuan tentang Gunung Hutan dan Konservasi yang harus dimiliki oleh Calon Anggota Biasa.

Kegiatan DIKJUT dilaksanakan dengan 2 tahapan yaitu DIKJUT Ruang yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanngal tanggal 28,29 Maret 2020 di Aula  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan DIKJUT Lapang pada tanggal 3-8 April 2020 di Pegunungan Hyang Argopuro, Jawa Timur.

Pelaksanaan kegiatan DIKJUT Ruang  pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 28,29 Maret 2020 di Aula  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember merupakan upaya peningkatan pemahaman keilmuan  Gunung Hutan dan Konservasi serta pembekalan ilmu-ilmu oleh Bapak Stevanus Bardonsky selaku Pembina lapang UKM MAPAKESMA yang  akan diaplikasikan saat DIKJUT Lapang.

Pelaksanaan DIKJUT Lapang pada tanggal 3-8 April 2020 di Pegunungan Hyang Argopuro, Jawa Timur. Merupakan pengaplikasian dari ilmu-ilmu yang sudah dipaparkan pada saat DIKJUT Ruang. Pengaplikasian berupa pengamatan satwa dan vegetasi dari setiap suhu, kelembaban, ketinggian, yang berbeda serta menentukan titik koordinat selama perjalanan yang berawal dari Kabupaten Bondowoso hingga berakhir di Kabupaten Probolinggo