Mengenalkan Mahasiswa Kepada Dunia Industri dengan Magang

Publikasi

Magang/ Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu kurikulum program pendidikan di FKM UNEJ. Kegiatan magang bagi mahasiswa dimaksudkan untuk memberi bekal tambahan keterampilan bekerja sebelum mahasiswa dilepas untuk bekerja sendiri. Pelaksanaannya dilakukan saat liburan antara semester ganjil ke semester genap yaitu pada bulan januari yang berakhir pada bulan februari sebelum perkuliahan reguler dimulai. Secara umum magang mempunyai tujuan untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman yang komprehensif sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman di dunia kerja. Selain itu kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan mahasiswa dalam hal-hal yang berhubungan dengan keterampilan soft skill mereka seperti kerjasama, komitmen, komunikasi, hingga berinteraksi dengan kelompok masyarakat dunia kerja dan industri.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang dibentuk secara berkelompok masing-masing 3 hingga 4 mahasiswa di setiap kelompok sesuai dengan keminatannya. Selama magang, setiap mahasiswa baik secara individu maupun berkelompok mencari permasalahan yang belum terselesaikan dalam instansi-instansi tempat mereka magang. Permasalahan tersebut selanjutnya akan dicarikan solusi dengan melakukan pengkajian bersama dosen pembimbing lapangan (PL). Untuk itu, dosen pembimbing lapangan akan melakukan kunjungan (supervisi) ke tempat magang agar dapat memantau secara langsung setiap mahasiswa magang bimbingannya. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, setiap kelompok magang akan melaporkan kegiatan magang yang dilakukannya dalam bentuk seminar hasil yang dilakukan setelah kegiatan magang selesai dilaksanakan.

Kegiatan magang kali ini diikuti oleh 222 mahasiswa aktif tahun angkatan 2015 yang telah menempuh perkuliahan sebanyak 135 sks. Mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti kegiatan magang melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Apabila kegiatan magang belum selesai saat perkuliahan telah dimulai, maka mahasiswa hanya dapat diperkenankan mengikuti 1 perkuliahan saja pada semester tersebut. Aturan yang ketat ini diberlakukan agar mahasiswa benar-benar serius sehingga tujuan dilakukannya magang ini dapat tercapai secara optimal.

Ada sekitar 54 instansi pemerintah dan swasta yang bekerjasama dengan FKM yang tersebar di berbagai daerah baik dalam maupun diluar jember. Selain untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa, kegiatan magang ini pun kedepannya dapat menjadi sarana bagi FKM untuk menjalin kerjasama lainnya. Ini juga sebagai bentuk partisipasi FKM dalam mendukung salah satu misi universitas yaitu mengembangkan jejaring kerjasama dengan stakeholders untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas institusi.