Monitoring dan Evaluasi Kelompok Riset (KeRis) FKM UNEJ

Publikasi

Kucuran dana yang besar tersebut tentu diikuti dengan pengawasan (monitoring dan evaluasi) dari Universitas kepada semua kelompok riset yang ada. Monitoring dan Evaluasi Kelompok Riset (MonEv KeRis periode 2018) tersebut dilakukan pada tanggal 14 – 24 Januari tahun 2019 melalui LP2M UNEJ (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). Selain sebagai bentuk pengawasan, MonEv juga berperan sebagai pengarahan terutama dalam hal-hal administrasi (laporan kegiatan).

Sebagai salah satu fakultas yang aktif dalam penelitian-penelitian, FKM juga ikut berpartisipasi menyumbangkan beberapa kelompok riset. Tidak tangung-tanggung, ada 8 kelompok yang berhasil lolos saat seleksi dilakukan. Kedelapan KeRis tersebut terdiri dari 6 KeRis di level Prodi/Departemen dan 2 Keris di level Fakultas. Hal ini menjadi kebanggaan bagi FKM mengingat tidak semua Fakultas mendapatkan kesempatan yang serupa. Terlebih lagi dengan adanya kelompok riset ini, peneliti dapat melibatkan para mahasiswa sekaligus memberikan pendidikan tentang bagaimana itu suatu penelitian dilaksanakan. Tak hanya itu, mahasiswa pun dapat menggunakan data dari hasil KeRis untuk digunakan sebagai bahan tugas akhirnya. Tentu ini merupakan kabar baik bagi mahasiswa, karena beberapa mahasiswa terkadang kesulitan mendapatkan data sekunder untuk dijadikan bahan tugas akhir mereka.

MonEv KeRis periode 2018 bertahap dilaksanakan disemua Fakultas dan telah selesai dilaksanakan di FKM pada tanggal 23 Januari 2019 kemarin. Laporan riset dilakukan oleh ketua dari masing-masing kelompok riset tersebut. Kegiatan MonEv dilakukan mulai jam 08.30 hingga jam 12.00 siang. Selama acara berlangsung, semua ketua KeRis dapat menyampaikan laporannya dengan jelas dan dapat diterima oleh para assesor. Secara keseluruhan para assesor mengapresiasi FKM karena KeRis yang dibentuk telah sesuai dengan bidang keilmuannya. Selaku Dekan FKM, Irma berpesan agar seluruh dosen aktif untuk menjunjung Tri Dharma PT dalam hal penelitian. “Untuk kedepannya, semoga dosen dapat melakukan penelitian yang lebih terarah sesuai dengan kepakarannya. Sehingga hasilnya nanti dapat memberikan sumbangsih kepada fakultas dan universitas terutama dalam mewujudkan visi dan misinya” jelas Dekan FKM tersebut.