Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi Mahasiswa Tahun 2020

Download
COVER Pedoman Skripsi 2020

Download: Pedoman Skripsi 2020

Skripsi merupakan salah satu syarat penyelesaian studi program Sarjana pada Program Studi yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM UNEJ), baik itu Prodi Kesehatan Masyarakat maupun Prodi Gizi. Sebagaimana pada berbagai program studi lainnya, dasar pemikiran penyusunan skripsi adalah menjadikan proses penyusunan skripsi sebagai proses pembelajaran yang berguna bagi mahasiswa dalam mengkonstruksikan pemikirannya ke dalam suatu karya tulis ilmiah.

Penulisan skripsi pada Program Studi di FKM UNEJ hingga saat ini terkonsentrasi pada dua jenis penulisan. Hal ini didasarkan pada dua jenis penelitian yang menjadi acuan utama mahasiswa dalam menyusun skripsi, yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Adanya perbedaan tersebut menjadikan penulisan skripsi menjadi beragam. Selain itu perbedaan latar belakang keilmuan yang ada pada Program Studi di FKM UNEJ turut menjadikan penulisan skripsi menjadi beragam. Sejak tahun 2020, literature review juga menjadi bagian dalam penulisan skripsi di FKM UNEJ. Pedoman untuk penyusunan literature review telah dibuat terpisah dan bisa diakses di Website FKM UNEJ dan diunduh di sini

Proses penyusunan skripsi oleh mahasiswa telah diatur secara terpadu dan terpusat di tingkat universitas dengan memanfaatkan teknologi informasi. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hal yang dipandang perlu untuk diatur secara khusus di tingkat fakultas. Sejak tahun 2009 fakultas telah merumuskan pedoman penulisan skripsi bagi mahasiswa. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, fakultas juga secara berkala telah melaksanakan beberapa kali revisi terhadap pedoman tersebut.Pada proses revisi tahun ini tim penyusun berfokus untuk menyusun ulang dengan mengorganisasi pedoman secara terperinci ke dalam bab, sub bab, dan atau sub subbab agar mahasiswa dan dosen pembimbing serta pihak administratif bisa mendapatkan pedoman yang terarah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak yang terlibat dalam proses penyusunan dan penulisan skripsi.