Pelantikan 10 Ketua Ormawa FKM Unej Periode 2016/2017

Berita Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan (ormawa) adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Keberadaan ormawa (organisasi kemahasiswaan) adalah bagian pembinaan soft skill mahasiswa. Saat ini FKM Universitas Jember memiliki 10 ormawa yang terdiri atas, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) yang berfungsi sebagai lembaga legislatif mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan 8 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Ketua Pemilu Raya Mahasiswa (Pemira) FKM Universitas Jember tahun 2016, Keke Rizki Rahayu Pratiwi menyampaikan bahwa kepengurusan Ormawa FKM Periode 2016/2017 telah terpilih. Para pengurus dipilih setelah melalui beberapa proses, mulai pendaftaran kandidat, kampanye hingga pemilihan. Pada masa pendaftaran kandidat, Panitia Pemira menerima pendaftaran 6 calon pengurus BPM dan 2 pasang calon Ketua-Wakil Ketua BEM. Para kandidat selanjutnya diberi kesempatan melakukan kampanye untuk mensosialisakan progamnya, termasuk mengikuti agenda debat calon Ketua-Wakil Ketua BEM yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2016. Selanjutnya dilaksanakan pemilihan calon anggota BPM pada tanggal 1 Desember 2016 dan pemilihan Ketua-Wakil Ketua BEM pada tanggal 13-15 Desember 2016. Pemilihan anggota BPM dan Ketua-Wakil Ketua BEM dilakukan secara terbuka bagi seluruh mahasiswa FKM Universitas Jember sebagai pemilik suara.

Seiring dengan reformasi pengurus BPM dan BEM, delapan UKM di lingkungan FKM Universitas Jember yang berada di bawah kordinasi Ketua BEM FKM turut melakukan kegiatan reformasi pengurus. Berbeda  dengan pemilihan BPM dan BEM yang dilakukan secara terbuka bagi seluruh mahasiswa FKM, pemilihan Ketua UKM dilakukan dilakukan secara internal, khusus bagi anggota UKM yang bersangkutan. Selanjutnya Ketua BPM, BEM dan UKM beserta staf pengurus ditetapkan dan disahkan oleh Surat Keputusan Dekan FKM Universitas Jember.

pelantikan ormawa fkm unej 2017

Dan pada hari Jum’at, 30 Desember 2016, Dekan FKM Universitas Jember melantik 10 Ketua Ormawa di lingkungan FKM Universitas Jember periode 2016/2017. Kesepuluh ketua yang dilantik adalah :

  1. Putri Sasmita Wati sebagai Ketua BPM
  2. Rizky Akbarul Kurnia sebagai Ketua BEM
  3. Mohammad Taufiq Adiansyah sebagai Ketua UKM Pers Mahasiswa “Sinvesta”
  4. Firman Setyo Aji Budiman sebagai Ketua UKM Seni “Ph 9”
  5. Maghfira Adistiya Pramono sebagai Ketua UKM Pecinta Alam “Mapakesma”
  6. Balqist Allyya Nanda sebagai Ketua UKM Penalaran “Lentera”
  7. A’yun Hafisyah Wafi sebagai Ketua UKM “Komplids”
  8. Azizah Munawwarah sebagai Ketua UKM Paduan Suara Mahasiswa “Gita Pusaka”
  9. Rosyid Wahyu Wijamarso sebagai Ketua UKM Kerohanian Islam “Ash Shihah”
  10. Dhanny Indra Prasetya sebagai Ketua UKM Olah Raga “Arkesma”

pelantikan ormawa fkm unej 2017

Pada sambutan pelantikan Ketua BPM, BEM dan UKM FKM Universitas Jember, Dekan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada pengurus ormawa periode 2015/2016 yang telah mengisi tahun 2016 dengan sejumlah kegiatan kemahasiswaan serta prestasi di tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Lebih lanjut Ibu Irma Prasetyowati Selaku Dekan FKM Unej berharap pengurus ormawa yang baru menjadikan pencapaian kegiatan di tahun 2016 sebagai basis kinerja sehingga memiliki target kerja yang terukur untuk hasil yang lebih baik di tahun 2017. Bu Irma juga meminta para pengurus ormawa meningkatkan komunikasi dengan semua pihak, khususnya dengan unsur pimpinan fakultas untuk kesuksesan rencana kerja yang telah disusun.

pelantikan ormawa fkm unej 2017

Usai pelantikan 10 Ketua Ormawa dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Ketua lama pada Ketua baru. Dengan terlaksananya agenda pelantikan dan serah terima jabatan ini, Pengurus ormawa FKM Universitas Jember dapat segera melaksanakan tugasnya.

%d bloggers like this: