Penguatan Isu Penelitian Kesehatan dalam Kongres Nasional Asosiasi Kesehatan Masyarakat XIV

Publikasi

Kamis, 28 November 2019 Kongres Nasional Asosisasi Kesehatan Masyarakat Indonesia XIV yang dilaksanakan di Hotel Prime Plaza, Sanur, Bali. Tak hanya kongres nasional saja, dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan Simposium Internasional Penelitian Kesehatan IV yang menjadi rangkaian kegiatan dalam kongres. Kegiatan yang mengangkat tema “Scientific Data and Politics in Health Development” ini diikuti berbagai peserta baik dari nasional maupun internasional.

FKM UNEJ yang memiliki komitmen untuk selalu mengikuti isu-isu kesehatan nasional dan terus berupaya dalam peningkatan kualitas SDM tentunya tidak akan melewatkan kegiatan nasional tersebut. Sebanyak 3 dosen yang memiliki latar belakang keilmuan berbeda-beda diberangkatkan.

Ketiga dosen tersebut ialah:

  1. Manik Nur Hidayati, S.Gz., M.PH (Gizi)
  2. Arina Mufida Ersanti, S.KM., M.Epid (Epidemiologi)
  3. Taufan Asrisyah Ode, S.KM., M.Kes (Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku)

Semangat untuk terus berkarya pun tak pernah padam, keberangkatan Manik, Arina dan Ode dalam kegiatan tersebut sekaligus membawa artikel-artikel hasil penelitian yang akan di presentasikan pada acara simposium internasionalnya. Artikel-artikel hasil penelitian tersebut ialah:

  1.  Food Security in Remote and Disadvantaged Area: Can Local Government address Child Nutrition Problems? – Presenter: Manik Nur Hidayati
  2.  Association between Tuberculosis with Smoking Behavior and Contact History in Jember Presenter: Arina Mufida Ersanti
  3.  Please Don’t Take Away Our Rights as a Children Presenter: Taufan Asrisyah Ode
  4.  Maternal Child Health Cadres are Male, Why Not? Presenter: Taufan Asrisyah Ode

Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam perkembangan penelitian kesehatan nasional kedepannya.