Peringati HGN 2017, Bagian Gizi FKM adakan Penyuluhan Pentingnya Sayur dan Buah

Berita Kegiatan
hari gizi nasional 2017

Dalam upaya mengatasi masalah kurang gizi di Indonesia, telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi, dengan mencanangkan Suatu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang terdapat tiga fokus kegiatan, yaitu: Meningkatkan Aktivitas Fisik, Konsumsi Buah dan Sayur, serta Deteksi Dini Penyakit. Sejalan dengan hal tersebut, maka Tema Hari Gizi Nasional ke 57 tahun 2017 adalah “Membangun Gizi, Menuju Bangsa Berprestasi” dengan sub tema “Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat” dengan slogan “Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari”. Hal ini senada dengan anjuran WHO/FAO tahun 2003 bahwa “Konsumsi minimal 400gr (5x sajian) buah dan sayur setiap hari dapat mencegah penyakit tidak menular”.

Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember memperingati dan berpartisipasi dalam Hari Gizi Nasional ke-57 tahun 2017 yang dilaksanakan di TK Islam Terpadu Al-Fath Perumahan Griya Mangli Indah kabupaten Jember, pada tanggal 25 Januari 2017 lalu. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HGN 2017 ini meliputi : penyuluhan gizi, pembagian makanan sehat serta pembagian pamflet tentang gizi sehat. Rangkaian kegiatan Hari Gizi Nasional ini dilaksanakan dengan melibatkan unsur dosen dan mahasiswa peminatan Gizi Masyarakat angkatan 2013 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Penyuluhan tentang pentingnya buah dan sayur disampaikan oleh Tim Dosen Bagian Gizi yang terdiri atas : Ibu Ninna Rohmawati, S.Gz., M.P.H., Ibu Dr. Farida Wahyu Ningtyias, M.Kes., Ibu Sulistiyani, S.KM., M.Kes., Ibu Leersia Yusi Ratnawati, S.KM., M.Kes. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pembagian makanan dan minuman bergizi berupa : jus, buah dan sayur. Kegiatan diakhiri dengan serta pembagian leaflet.

 Sasaran penyuluhan dipilih siswa-siswi, guru  dan walimurid TK Al-Fath yang berada di daerah Mangli, Kabupaten Jember. Pada pelaksanaan penyuluhan membahas tentang pentingnya konsumsi buah dan sayur sejak dini untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang dapat mengancam kesehatan anak, seperti obesitas. Orang tua dibekali pengetahuan tentang pentingnya olahraga pada anak supaya anak tetap aktif dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga kebutuhan gizi anak akan terpenuhi untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan anak serta meningkatkan imunitas anak, dan memberikan edukasi untuk mengkombinasikan makanan yang dapat menarik minat anak dan tentunya bergizi tinggi.

Jus merupakan salah satu minuman olahan yang dapat menarik minat anak untuk mengkonsumsinya. Dengan adanya pembagian jus ini, diharapkan dapat menjadi percontohan kepada orang tua untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi anak yang dapat berasal dari berbagai macam sumber pangan seperti buah dan sayur. Selain itu, pembagian leaflet yang diberikan kepada orang tua sebagai bahan bacaan dan menambah pengetahuan akan pentingnya konsumsi buah dan sayur menuju masyarakat hidup sehat.

Leaflet Pentingnya Buah dan Sayur :

     

 

%d bloggers like this: