Poster Mahasiswa FKM menjadi Juara III di Banjarmasin

Berita Kegiatan Kemahasiswaan Kompetisi
juara fkm unej, prestasi fkm unej

Pada Hari Ulang Tahun Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) ke-25, Universitas Lambung Mangkurat menjadi tuan rumah yang menyelenggarakan acara Public Health Award Competition (PHAC) 2016. Berbagai kegiatan berlevel nasional diadakan untuk memeriahkan acara yang berlangsung pada tanggal 18-23 November 2016 tersebut, antara lain: Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Health Promotion Video, dan Lomba Poster Publik. Dengan mengusung subtema “Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)”.

Pada event ini tim FKM Universitas Jember berhasil lolos dalam dua cabang lomba, yakni Lomba Poster Publik dengan tim yang terdiri atas: M. Arif Hadi Maulana, Desya Eka Hariyanti dan Zuhria Ashar. Serta final LKTI dengan tim yang terdiri atas: Fatimazuz Zahro dan Herwin Pundhi Ramadhani. Pada kesempatan ini, tim  KM Universitas Jember berhasil meraih juara 3 pada cabang lomba poster publik. Poster tersebut berjudul “Srikandi Muda Indonesia”.

juara-iii-lomba-poster-publik-indonesia-public-health-award-2016-di-fk-univ-lambung-mangkurat-banjarmasin

Keprihatinan atas tingginya angka kematian ibu menjadi inspirasi tim untuk membuat poster yang bernilai promosi kesehatan. “Menyaksikan AKI yang semakin merangkak naik, seperti data dari SDKI pada tahun 2012 yang menunjukkan angka 359 per 100.000 kelahiran hidup, maka kami ingin melakukan tindak pencegahan paling awal agar jumlah tersebut tidak semakin bertambah. Oleh karena itu, kami membidik remaja putri yang kelak akan menjadi seorang ibu sebagai sasaran primer poster ini”, ujar M Arif Hadi Maulana selaku ketua tim. “Remaja putri perlu menjadikan diri mereka sebagai Srikandi Muda Indonesia, yakni seseorang dengan watak tangguh, cerdas dan bertanggung jawab layaknya tokoh wayang Srikandi”, tambah Desya Eka Heriyati sebagai pengisi konten. Slogan yang ditonjolkan pada poster berkonsep kartun ini adalah “Perempuan Cerdas Generasi Berkualitas”.

poster

Untuk mewujudkan slogan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka para Srikandi Muda Indonesia harus menerapkan prinsip APA (Abstinensia, Patuhi Aturan!, dan Ayo Join PIK-KRR!). Anggota lain, Zuhria Ashar yang bertugas dalam mendesain poster ini juga sangat berhati-hati dalam pemilihan warna, gambar dan font agar semua komponen yang ditampilkan mampu meyampaikan pesan kesehatan yang dimaksud. Walaupun begitu, pentolan kampus Tegal Boto harus mengakui karya terbaik dari Universitas Sumatera Utara yang berhasil meraih juara 1 dan Stikes Pekanbaru Riau yang meraih juara 2.

“Diharapkan pada tahun mendatang, kami dapat terus membenahi kinerja, konsep dan ide pada kompetisi yang lain sehingga dapat mengharumkan almamater Universitas Jember di kancah nasional” tutup tim dari angkatan 2015 ini.