Public Health Award Competition di Munas XVI ISMKMI

Publikasi

Public Health Award Competition atau PHAC adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengembangan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang pada tahun 2019 ini dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia – Kota Makassar. Terdapat tiga cabang lomba yang di agendakan, diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah, Desain  Poster Kesehatan, Iklan Layanan Masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 135 tim dari berbagai Universitas di Indonesia, sedangkan terapat 15 tim finalis untuk LKTI, 15 tim finalis poster, dan 6 tim finalis Iklan Layanan Masarakat.

Finalis yang lolos akan mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri pada tanggal 1 Maret 2019. Kegiatan ini dilaksanakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia.  Setiap tim finalis diberikan kesempatan untuk menyampaikan karyanya sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan setelah itu akan dikomentari oleh dewan juri. Mahasiswa FKM Universitas Jember mengikuti ketiga cabang lomba tersebut dan berhasil membawa 2 kejuaraan, yaitu juara 1 lomba poster dan juara 1 lomba video ILM.

Sabtu, 2 Maret 2019 diadakan Seminar Nasional yang dihadiri oleh beberapa pemateri. Diantaranya adalah Menteri Kesehatan RI (Prof. Dr. dr Nila Djuita Faried Moelok,SpM), Direktur Utama BPJS Kesehatan RI (Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes), Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Dr.Ir.Subandi, MSc), Sekretaris Utama BKKBN RI (H.Nofrijal, S.P.,MA), dan Anggota Komisi IX DPR RI (H.Syamsul Bachri, M.Sc). Setelah seminar nasional pada malam harinya di isi dengan  A-TOPH dengan pemateri dari alumni sekjen ISMKMI 2015-2017 tentang manajemen strategi.

Pada hari Minggu – Rabu tanggal  3-6 Maret 2019 dilaksanakan  agenda musyawarah nasional ISMKMI. Terdapat beberapa bahasan yang di bahas di MUNAS ke-XVI ISMKMI kali ini, mulai  dari laporan pertanggung jawaban pengurus nasional, pembentukan Dewan Pengawas Nasional, dan penyampaian hasil audiensi dengan pihak terkait  mengenai isu-isu sekitar Kesehatan Masyarakat.  Selanjutnya di hari terakhir yaitu hari Kamis, 7 Maret 2019 melaksanakan city tour ke Museum Benteng Vorterdam dan ke Pantai Losari, kegiatan berakhir pukul 18.00