FKM Universitas Jember » Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat

Perguruan Tinggi : Universitas Jember
Program Studi : Ilmu Kesehatan Masyarakat
Akreditasi : B 
(SK BAN PT Nomor : 0424/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 24 Oktober 2014-23 Oktober 2019)
Jenjang Pendidikan : S-1
Gear Lulusan : S.KM

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berkualitas, profesional, berwawasan lingkungan dan berbasis agro community.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang kesehatan masyarakat secara terprogram yang berbasis lingkungan dan agro community;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan masyarakat yang berbasis lingkungan dan agro community;
  3. Menata dan mengembangkan manajemen kelembagaan fakultas berbasis teknologi informasi;
  4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Tujuan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember adalah:

Menghasilkan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM.) yang memiliki kemampuan dibidang Epidemiologi, Biostatistika dan Kependudukan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Keselamatan Kerja  (K3), Gizi Kesehatan Masyarakat,  dan Administrasi Kebijakan Kesehatan dengan kualifikasi :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan Managerial, Innovator, Researcher,Apprentice,Communitarian, Leader dan Educator (MIRACLE) yang berkarakter dan berjiwa entrepreneur.
  2. Mewujudkan sistem manajemen fakultas yang berkualitas (transparan dan akuntabel) dan berbasis teknologi informasi;
  3. Menghasilkan tridharma perguruan tinggi yang berwawasan lingkungan dan berbasis agro community.
  4. Terjalinnya jaringan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Sasaran Strategis

Tujuan strategis selanjutnya perlu dijabarkan secara spesifik dan terukur dalam sasaran strategis yang dapat dijadikan prioritas pengembangan untuk menyelesaikan masalah dalam jangka pendek. Sasaran tersebut antara lain:

  1. Peningkatan lulusan yang memiliki kemampuan Managerial, Innovator, Researcher, Apprentice, Communitarian, Leader dan Educator (MIRACLE) yang berkarakter dan berjiwa entrepreneur.
  2. Peningkatan sistem manajemen fakultas yang berkualitas (transparan dan akuntabel) dan berbasis teknologi informasi;
  3. Peningkatan tridharma perguruan tinggi yang berwawasan lingkungan dan berbasis agro community.
  4. Peningkatan jaringan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional.