Sabet 2 Posisi dalam Emo-Demo Competition Kemenkes

Publikasi

GAIN dan Kementerian Kesehatan RI mengadakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas perilaku pemberian makan pada bayi dan anak Indonesia. Kompetisi tersebut melombakan pembuatan modul emo demo dengan tema “Peningkatan Gizi Balita: Perilaku Pemberian Makan pada Bayi dan Anak”. Emo-demo (emotion-demonstration) adalah sesi edukasi interaktif menggunakan permainan yang menggugah emosi ibu atau pengasuh untuk memperbaiki perilaku Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak.

Sebanyak 290 modul yang telah diterima oleh panitia selanjutnya akan dipilih sebanyak 24 modul terbaik untuk didemonstrasikan pada babak grand final. Dari 290 modul tersebut, kontribusi ide (modul) terbanyak berasal dari FKM Universitas Jember yaitu sebanyak 53 modul seperti yang di posting dalam akun instagram @emodemocompetition 15 Juni lalu.

Selanjutnya pada tanggal 17 juni, 24 modul terbaik diumumkan melalui akun instagram @emodemocompetition. Alhamdulillah dari 53 modul yang dikirim oleh FKM, 4 modul masuk dalam daftar 24 modul terbaik (finalis). Ke empat modul tersebut berjudul :

  1. Pemberian Kolostrum itu Wajib Bu!, atas nama Firman Maulana Ihsan
  2. Hemat dan Murah dengan ASI, atas nama Firda Aulia Rahmadini
  3. Porsi Tepat Bayiku Sehat, atas nama Toby Rochmanto
  4. Makanan Berserat, atas nama Leily Rusul Islami D. P.


Pada tahap berikutnya, para finalis dipersilahkan untuk mempersiapkan modul yang terpilih untuk didemostrasikan di depan para juri di Jakarta pada tanggal 23-26 Juni 2019. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh tim dari FKM selain mematangkan konsep pendemonstrasian. Untuk itu bu Mury yang juga sebagai dosen PKIP (Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku) memberikan pendampingan kepada ke 4 tim yang maju ke babak grand final. Alhamdulillah dengan tekad yang kuat dan usaha yang gigih 2 tim dari FKM berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi tersebut.