Fakultas Kesehatan Masyarakat – Universitas Jember » SIMPOSIUM NASIONAL, TEMU STAKEHOLDER & MUSCAB PERSAKMI-IAKMI

SIMPOSIUM NASIONAL, TEMU STAKEHOLDER & MUSCAB PERSAKMI-IAKMI

STAY LOCAL, GO NATIONAL :
Strategi Peningkatan Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) di Sektor Kesehatan

Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu penggerak upaya kesehatan di masyarakat haruslah memiliki kompetensi yang berkualitas dalam menjalankan tugasnya. Kreativitas dan inovasi dalam mengupayakan kesehatan di masayarakat merupakan implementasi dari ilmu dan seni yang tak terpisahkan dari peran Sarjana Kesehatan Masyarakat. Sarjana Kesehatan Masyarakat memiliki ruang yang luas untuk berkarya dalam mengupayakan kesehatan baik di tingkat puskesmas, rumah sakit maupun di instutusi kesehatan lainnya. Hal ini harus diiringi dengan keinginan dan motivasi yang besar untuk meningkatkan kompetensinya. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember mendukung upaya dan keinginan SKM untuk peningkatan kompetensinya dengan mengadakan Simposium Nasional dengan tema STAY LOCAL, GO NATIONAL; Strategi Peningkatan Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) di Sektor Kesehatan melalui Simposium Nasional, Temu Stakeholder dan Muscab IAKMI-PERSAKMI se-Kabupaten Jember.

Simposium Nasional ini menghadirkan narasumber yang pakar dibidangnya, yaitu:

  1. drg. Adi Kurniawan, M.RS
    Merupakan Kepala Puskesmas Harapan Papua yang berhasil menggerakkan para pegawainya untuk bekerjasama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga saat ini Puskesmas Harapan mendapatkan Akreditasi. drg. Adi Kurniawan adalah Kepala Puskesmas Harapan yang telah menjabat sejak akhir tahun 2015. Sebelumnya beliau adalah Bendahara di Puskesmas Sentani Kota, Kabupaten Jayapura. Hal pertama yang dilakukan oleh Adi Kurniawan selaku Kepala Puskesmas adalah meningkatkan kedisiplinan pegawai dengan mengubah jam kerja. Atas usaha dan kerja keras seluruh pihak dan dengan dukungan dari Pemerintah Distrik, Kampung, serta beberapa stakeholder lainnya, maka pada akhir tahun 2016 Puskesmas Harapan menjadi Puskesmas pertama di Provinsi Papua yang mendapatakan akreditasi tingkat Madya.Pada kegiatan Simposium Nasional ini, drg. Adi Kurniawan, M.RS. akan memberikan materi tentang “Optimalisasi Fasilitas Kesehatan Tingkat I di Masyarakat”.

  2. Hertanto, S.KM., M.Si.
    Merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, penyusunan program, keuangan, hubungan masyarakat (humas) dan protokol. Pada kegiatan Simposium Nasional ini, Bapak Hertanto, S.KM., M.Si. akan memberikan materi tentang “Peran Sarjana Kesehatan Masyarakat di Instansi Kesehatan” agar dapat memberikan pandangan kepada seluruh Sarjana Kesehatan Masyarakat tentang peran penting Sarjana Kesehatan Masyarakat di berbagai institusi Kesehatan.

  3. dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D
    Adalah dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sekaligus ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masayarakat Indonesia. Pada Simposium Nasional yang diadakan FKM Universitas Jember, beliau akan menyampaikan materi tentang “Peran AIPTKMI dalam Mencetak Sarjana Kesehatan Masyarakat yang Unggul untuk Indonesia Maju”