Start Your Journey with Spirit of Islam

Berita Kegiatan Kemahasiswaan

Demikian tema yang diangkat oleh UKM Kerohanian Islam “Ash Shihah” pada pelaksanaan Islamic Day bagi mahasiswa baru FKM Universitas Jember tahun akademik 2016/2017. Kegiatan ini rutin diselenggarakan tiap tahun bagi para mahasiswa baru sebagai kegiatan pra P2Maba. Islamic Day merupakan salah satu agenda kegiatan character building bagi mahasiswa baru FKM Universitas Jember.

14089311_1366760700018071_3791569804753577514_n

Bapak Andrei Ramani, selaku Pembantu Dekan III FKM Universitas Jember, pada sambutannya saat membuka kegiatan mengingatkan para peserta tentang tantangan masa depan ummat islam khususnya di bidang kesehatan. Dengan sedikit mengupas  teori “clash of civilitation” dari Huntington, Pak Andrei mengingatkan para mahasiswa baru agar senantiasa membawa spirit islam dalam kesehariannya. Termasuk berpikir kritis terhadap isu-isu strategis bidang kesehatan dan Islam, seperti produk pangan dan kosmetik halal, air bersih dan sebagainya.

Di sisi lain, Pembina UKMKI Ash Shihah mengingatkan mahasiswa baru  tentang makna spirit of islam atau ruhiyah, yang bermakna kesadaran seorang hamba akan hubungan dengan Tuhannya (Allah swt).  Artinya seorang muslim dalam perbuatan sehari-hari hendaknya senantiasa mengingat Allah swt. Dia melakukan suatu perbuatan karena ia tahu hal itu diperintahkan oleh Allah, entah dalam kadar wajib, sunah atau setidaknya mubah. Dan seorang hamba meninggalkan suatu perbuatan karena hal itu dilarang oleh Allah, baik dalam kadar haram ataupun makruh.

IMG-20160830-WA0016

Islamic Day diselenggarakan pada tanggal 29-30 Agustus 2016. Pada kegiatan ini para mahasiswa baru diajak mengikuti serangkaian kegiatan baik indoor maupun outdoor yang meliputi : Islamic  Motivation Building, kajian keislaman, sholat berjamaah, sholat tahajut, tadarus qur’an, game, dan lomba-lomba.  Sejumlah lomba keislaman yang digelar,  diantaranya cerdas cermat, kaligrafi, albanjari, dan tartil qur’an.

Melalui islamic Day ini diharapkan terbentuk mahasiswa kesehatan masyarakat yang mampu memberi solusi atas problem-problem kesehatan sekaligus berkarakter Islami. (ag)

%d bloggers like this: