ABDIMAYUDA: Indonesian Journal of Community Empowerment for Health

Pengabdian kepada Masyarakat Profil Publikasi

Setelah menerbitkan jurnal baru yaitu BIOGRAPH-I yang berfokus pada bidang kependudukan, biostatistika, kesehatan reproduksi hingga kesehatan ibu dan anak, FKM UNEJ kembali menerbitkan jurnal baru di akhir tahun 2021 ini yaitu Jurnal ABDIMAYUDA. Dengan Globila Nurika, S.KM., M.KL. selaku Editor in Chief, Jurnal ABDIMAYUDA menargetkan publikasi ilmiah dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dibidang kesehatan. Jurnal ini merupakan jurnal akses terbuka (open access) yang menerbitkan sebanyak dua kali dalam satu tahun yaitu pada Bulan Februari dan Agustus dengan artikel berbahasa Indonesia. Dalam setiap terbitan tersebut akan diisi 6 artikel yang telah melalui tahap peer-reviewer dengan metode double-blind.

Jurnal ABDIMAYUDA merupakan wadah bagi akademisi, praktisi, mahasiswa, dan perwakilan masyarakat untuk mengeksplorasi masalah dan praktik yang berkaitan dengan berbagai aktivitas yang terlibat. Jurnal ini adalah jurnal online peer-review yang didedikasikan untuk publikasi artikel berkualitas tinggi yang berfokus pada implementasi dan kebijakan tentang keterlibatan masyarakat. Sebagai jurnal nasional, Jurnal ABDIMAYUDA berfokus pada program keterlibatan masyarakat untuk memajukan teori, penelitian dan praktik terkait dengan segala bentuk penjangkauan dan keterlibatan di Indonesia. Pelibatan masyarakat meliputi pengabdian kepada masyarakat, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidangnya, peningkatan kapasitas masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal ABDIMAYUDA mengacu pada isu-isu yang ada dari berbagai bidang tersebut. Jurnal ABDIMAYUDA termasuk menyoroti inovasi pemberdayaan masyarakat, dan pelaporan penelitian berbasis pelibatan masyarakat dan pengabdian masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan dan praktik di bidang pelibatan masyarakat. Jurnal ABDIMAYUDA menerima naskah artikel berbahasa Indonesia yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup:

  1. Gizi Masyarakat
  2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  3. Kebijakan Kesehatan
  4. Kesehatan Ibu dan Anak
  5. Kesehatan Lingkungan
  6. Pencegahan Penyakit
  7. Promosi Kesehatan

Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Informasi lebih lengkap mengenai Jurnal ABDIMAYUDA dapat diakses melalui link berikut: Jurnal ABDIMAYUDA